kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peritel masih getol menggaet merek baru


Senin, 09 Juli 2018 / 06:28 WIB
Peritel masih getol menggaet merek baru
ILUSTRASI. Mainan anak LEGO


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski kondisi ekonomi nasional masih lesu akibat pelemahan daya beli, persaingan di bisnis ritel terbilang sengit. Maklumlah, sejumlah peritel tetap berani menggeber ekspansi usaha dengan membuka gerai anyar untuk memperluas penetrasi pasar.

Sembari membuka gerai baru, para peritel juga getol memperkenalkan brand terbarunya sebagai strategi jitu untuk meningkatkan penjualan. Misalnya, PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) yang pada tahun ini memboyong dua brand anyar, yakni Lego dan Clarks.

Selain MAPI, beberapa peritel berencana menambah brand baru andalan mereka. Salah satunya adalah Grup Kawan Lama. Nana Puspa Dewi, Marketing Director Kawan Lama mengatakan, tahun ini unit bisnis food & beverages (F&B) akan menambah brand baru. Saat ini, Kawan Lama sudah memiliki beberapa gerai ritel mulai dari Ace Hardware, Informa hingga Chatime.

Tahun ini, Kawan Lama memastikan portofolio bisnisnya akan bertambah dengan brand baru tersebut. "Product offering selalu ada kebaruan, sekaligus konsep baru. Nah, itu rutin dan beberapa gerai lain. Nanti, ada produk baru lagi tahun ini. Segmennya food & beverages segera, nanti ada," kata dia kepada KONTAN, Kamis (6/7) pekan lalu.

Nana belum bisa menyebutkan merek anyar tersebut. Belum lama ini, Kawan Lama memperkenalkan brand Cup Bop. Ini merupakan brand F&B paling terakhir yang diperkenalkan dan sudah memiliki tiga gerai.

Adapun ekspansi gerai yang masih masif dilakukan adalah Chatime. Ekspansi Kawan Lama di segmen F&B tergolong berkembang cukup pesat. Kini, Chatime sudah memiliki lebih dari 200 gerai.

PT Mega Advans Teknologi juga menggulirkan brand terkini di segmen outdoor pada kuartal II-2018 demi menggenjot penjualan produk tersebut. Kelvin Joandy, Direktur Mega Advans Teknologi menuturkan, saat ini, kontribusi penjualan perusahaan masih ditopang segmen sport dan outdoor, yang permintaannya terbilang cukup tinggi.

Kontribusi segmen outdoor terus bertumbuh seiring dengan semakin digemarinya gaya hidup sehat. "Saat ini, paling besar kontribusinya segmen outdoor dan marine, keduanya menjadi backbone (penjualan) kami," ujar Kelvin kepada Kontan.co.id, Rabu (4/7).

Oleh sebab itu, untuk meningkatkan penjualan, peritel ini juga memperkenalkan brand baru, Kailas ke pasar Indonesia. Ini menambah merek yang dijajakan Advans sebelumnya seperti Fitbit, ICOM, Furuno, Raymarine, dan Aonijie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×