kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peritel mulai adu strategi menjual perabot rumah tangga jelang tutup tahun


Jumat, 30 November 2018 / 18:29 WIB
Peritel mulai adu strategi menjual perabot rumah tangga jelang tutup tahun
ILUSTRASI. Peletakan Batu Pertama IKEA Garden City, Jakarta


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Momentum akhir tahun menjadi salah satu katalis bagi peritel untuk menggenjot penjualannya, tak terkecuali peritel yang bergerak di sektor perabot dan barang rumah tangga.

Selain menggeber program marketing dan promosi, perusahaan ritel di sektor tersebut juga membuka gerai-gerai baru untuk menjamah pelanggan baru.

PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) pemilik gerai Mitra 10 dan Atria misalnya sudah membuka dua gerai di akhir tahun ini. Hal ini sesuai dengan pipe line ekspansi perusahaan yang menargetkan membuka tiga gerai baru di tahun ini.

“Rencananya tanggal 6 Desember 2018 mau opening di Cikupa, kemarin di Karawang sudah, yang tanggal 6 Desember opening gerai ketiga tahun ini,” ujar Idrus H Widjajakusuma, Sekretaris Perusahaan CSAP kepada Kontan.co.id, Jumat (30/11).

Untuk menggenjot penjualan, perusahaan juga mengenalkan program marketing dan promo di akhir tahun. Salah satu yang dilakukan adalah di gerai Mitra 10 Cikarang yang menggelar Midnite Sale mulai pukul 19.00 WIB hingga 24.00 WIB dengan diskon mencapai 70%.

PT Hero Supermarket Tbk (HERO) melalui gerai IKEA juga menawarkan penawaran akhir tahun, salah satunya penawaran kepada pendaftar baru IKEA Business yang akan mendapatkan gift voucher senilai Rp 500.000 dengan transaksi minimal Rp 5 juta.

Riri Basuki, Public Relations Manager IKEA menyampaikan pada akhir tahun juga perusahaan mengadakan IKEA Sale dengan penawaran yang beranekaragam. Salah satunya dengan promosi penawaran harga yang lebih terjangkau bagi pelanggan.

“Akhir tahun maupun libur nasional seperti lebaran traffic pengunjung kami meningkat secara signifikan mencapai double digit,” ujarnya.

Menurutnya setiap pelanggan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda sehingga produk yang diminati beraneka ragam. Namun perusahaan menyampaikan bahwa saat ini target utama perusahaan merupakan segmen keluarga sehingga produk tempat penyimpanan barang masih menjadi yang paling diminati.

Tak mau kalah, PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) juga menggeber program akhir tahun untuk menggenjot penjualannya. Anak usaha Kawan Lama tersebut menggelar program World of Holiday Wishes di seluruh gerai. Salah satunya adalah dengan memberikan potongan harga mencapai 50% dan cicilan 0% menggunakan kartu kredit tertentu.

Prita Wardhani, Public & Customer Relations Manager ACES menyampaikan bahwa secara periodikal kunjungan ke gerainya pada momentum akhir tahun mengalami peningkatan ketimbang hari biasa. Hanya saja, dirinya tak memberikan detil mengenai peningkatan pengunjung dan penjualan pada akhir tahun.

“Di natal dan tahun baru, serta lebaran itu pasti ada fluktuasi peningkatan pengunjung. Jumlah gerai baru (berpengaruh), apalagi kalau gerai pertama kali dibuka, itu luar biasa sekali (traffic pengunjungnya),” tambahnya.

Asal tahu saja, pada hari ini ACES membuka gerai ke 173 miliknya di Palembang Trade Center. Artinya, hingga November tahun ini perusahaan sudah merealisasikan 29 gerai. Yang jelas, ekspansi gerai akan berpengaruh terhadap traffic pengunjung dan penjualan tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×