kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.235.000   -2.000   -0,09%
  • USD/IDR 16.633   -23,00   -0,14%
  • IDX 8.071   27,26   0,34%
  • KOMPAS100 1.115   1,03   0,09%
  • LQ45 783   -1,20   -0,15%
  • ISSI 284   1,67   0,59%
  • IDX30 411   -0,03   -0,01%
  • IDXHIDIV20 466   -1,32   -0,28%
  • IDX80 123   0,18   0,14%
  • IDXV30 133   -0,24   -0,18%
  • IDXQ30 130   0,01   0,01%

Perkuat Ekspansi di Asia Tenggara, Trip.com Resmikan Kantor Baru di BSD


Kamis, 02 Oktober 2025 / 17:08 WIB
Perkuat Ekspansi di Asia Tenggara, Trip.com Resmikan Kantor Baru di BSD
ILUSTRASI. Bidik Jadi Pemain OTA Nomor Satu Asia, Trip.com Genjot Ekspansi dan Strategi Lokalisasi di Indonesia. Trip.com Mantapkan Ekspansi di Indonesia, Bidik Jadi Pemain Utama OTA Asia. KONTAN/Leni Wandira


Reporter: Leni Wandira | Editor: Putri Werdiningsih

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Trip.com semakin serius memperkuat posisinya di pasar Asia dengan menjadikan Indonesia sebagai salah satu hub strategis. Ini ditandai dengan peresmian kantor barunya di Trembesi Tower, BSD, Tangerang Selatan oada Kamis (2/10/2025).

Kehadiran kantor tersebut melengkapi keberadaan kantor Trip.com di Bali dan menandai akselerasi ekspansi perusahaan di Asia Tenggara.

Edmund Ong, Senior Regional Director Asia Tenggara Trip.com, menegaskan Indonesia adalah pasar utama yang menopang strategi pertumbuhan regional. 

"Indonesia menawarkan peluang besar untuk inovasi dan pertumbuhan pariwisata. Dengan penguatan kehadiran lokal, kami ingin mempercepat pengembangan industri perjalanan, memperdalam kolaborasi ekosistem, sekaligus menempatkan Trip.com sebagai mitra penting pariwisata Indonesia,” ujarnya kepada media, Kamis (2/10/2025).

Baca Juga: Promo Boombastrip 7.7 Trip.com Beri Diskon hingga Rp 1 juta untuk Tiket Pesawat

Ambisi Trip.com adalah menjadi pemain OTA nomor satu di Asia. Untuk mencapai target tersebut, perusahaan mengandalkan dua strategi utama. Pertama, strategi customer-centric, yakni menempatkan kebutuhan pelanggan sebagai fokus utama dengan menghadirkan inovasi mulai dari layanan pemesanan, opsi pembayaran, hingga pengalaman perjalanan digital yang lebih personal. 

Kedua, strategi lokalisasi, dengan cara merekrut talenta lokal berpengalaman sekaligus menyesuaikan layanan dengan kebiasaan konsumen di masing-masing negara.

“Kami benar-benar mendengarkan insight dari staf lokal yang paham kendala dan solusi konsumen Indonesia. Itu yang membedakan Trip.com dengan OTA lain,” tandas Ong.

Kantor BSD menjadi pusat fungsi inti korporasi, termasuk business development, marketing, sales, operasi, dan layanan pelanggan. Lokasinya yang dekat dengan mitra strategis seperti maskapai, perhotelan, lembaga keuangan, dan regulator dipandang memudahkan kolaborasi lintas sektor.

Baca Juga: Kemenpar Sorot Platform OTA Asing, Akomodasi Ilegal Ancam Industri Hotel

Trip.com menggandeng mitra lokal seperti Archipelago International, Ini Vie Hospitality, Bobobox, serta seluruh maskapai domestik. Di sektor pembayaran, Trip.com telah bekerja sama dengan VISA, DBS, Bank Mega, Jenius, HSBC, OVO, hingga penyedia pembayaran digital seperti ShopeePay dan SpayLater.

Menurut Krishna Arya, General Manager Trip.com Indonesia, strategi kolaborasi ini krusial untuk penetrasi pasar.

“Kantor baru ini akan memperkuat aksesibilitas layanan, memperluas kolaborasi dengan pemerintah dan mitra industri, sekaligus menghadirkan solusi pembayaran yang lebih relevan bagi konsumen lokal,” jelasnya.

Trip.com menilai potensi pariwisata Indonesia sangat besar. Data Kemenparekraf mencatat target 1,08 miliar perjalanan domestik dan 16 juta wisatawan mancanegara pada 2025, dengan kontribusi Rp1.269 triliun atau 5,5% PDB.

Sejak hadir pada 2015 dengan hanya tiga karyawan, Trip.com kini mengoperasikan dua kantor di Indonesia dengan lebih dari 50 staf, yang akan terus diperluas. Ekspansi ini sekaligus menegaskan komitmen jangka panjang Trip.com dalam mendukung pertumbuhan pariwisata nasional dan regional.

Selanjutnya: ETF Solana Bakal Segera Disetujui, Simak Dampaknya ke Pasar Kripto

Menarik Dibaca: Ini Dia 5 Zodiak yang Gampang Bosan lo, Ada Aries!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Pre-IPO : Explained

[X]
×