kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Permintaan data naik saat pandemi Covid-19, begini strateg XL Axiata (EXCL)


Selasa, 14 Juli 2020 / 22:02 WIB
Permintaan data naik saat pandemi Covid-19, begini strateg XL Axiata (EXCL)
ILUSTRASI. Penerapan New Normal di Layanan Pelanggan XL Axiata


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Untuk mendukung aktivitas daring di kala pandemi Covid-19,  XL Axiata sudah melakukan antisipasi baik dari sisi kesiapan jaringan ataupun dari layanan data yang disediakan untuk mendukung kenyaman pelanggan dan masyarakat, termasuk menyambut tahun ajaran baru bagi anak-anak sekolah.

Di antaranya, melakukan monitoring terhadap performa dan kualitas jaringan tentu terus menerus dilakukan XL Axiata selama 24 jam untuk mengantisipasi potensi lonjakan trafik, upaya preventif berupa pengecekan secara langsung di setiap lokasi BTS juga rutin dilakukan team XL Axiata bersama partner untuk mendeteksi dan mengetahui kemungkinan-kemungkinan potensi gangguan di lapangan, misal kondisi perangkat, battery, genset, sehingga langkah-langkah antisipasi juga bisa segera dilakukan sejak awal untuk memastikan kondisi jaringan tetap prima.

Baca Juga: XL Axiata (EXCL) bersinergi dengan penyedia layanan OTT, begini bentuknya

"Bilamana terjadi peningkatan trafik layanan, kami juga akan melakukan penyeimbangan (balancing) trafik terlebih dahulu untuk memastikan perfoma jaringan tetap terjaga sehingga kenyamanan pelanggan tidak terganggu, dan tentu juga dibarengi dengan proses monitoring," ujar Group Head Corporate Communication EXCL Tri Wahyuningsih kepada kontan.co.id, Selasa (14/7).

XL Axiata juga melakukan penambahan kapasitas dan perluasan jaringan di 4.000 – 6.000 titik/site di berbagai wilayah mengikuti perkembangan peningkatan trafik harian, termasuk khususnya wilayah residential, 35 MBTS disiapkan mendukung Rumah Sakit Rujukan, Rumah sakit Darurat, dan juga Kawasan Pemukiman/Residensial.

Tri Wahyuningsih menjelaskan, Sejak awal diberlakukannya kebijakan bekerja (WFH) dan belajar dari rumah  oleh pemerintah, XL Axiata sudah melakukan antisipasi baik dari sisi kesiapan jaringan ataupun dari layanan data yang disediakan untuk mendukung kenyamanan pelanggan dan masyarakat, termasuk menyambut tahun ajaran baru bagi anak-anak sekolah.

"Hingga saat ini kami juga terus melakukan upaya peningkatan kualitas jaringan, di antaranya dengan peningkatan kapasitas, jaringan core, transport melalui fiberisasi dan sebagainya sehingga kenyamanan pelanggan dalam menggunakan layanan data semakin meningkat. Untuk kecepatan akses layanan 4G XL Axiata saat ini rata-rata sekitar 12-15 Mbps di seluruh kota," jelasnya.

Ia menyebut, semenjak penerapan Work From Home (WFH) dan Study From Home (SFH) XL Axiata tidak hanya memberikan paket data dengan harga terjangkau, bahkan sejak pertengahan Maret yang lalu EXCL juga menyediakan akses internet gratis 2GB/hari (60GB/bulan) untuk pelajar dan mahasiswa. Pelajar dapat menggunakannya untuk akses portal belajar online dan mahasiswa bisa memanfaatkan kuota tersebut untuk mengakses materi kuliah daring yang disediakan kampus mereka masing-masing.

Baca Juga: EXCL terus meraup untung saat pandemi berlangsung, prospek sahamnya begini

XL Axiata juga melakukan optimalisasi kualitas dan kapasitas jaringan yang dipusatkan di berbagai wilayah termasuk kawasan-kawasan residential. "Selama masa pandemi Covid-19, lonjakan trafik layanan relatif merata khususnya terjadi di Kawasan-kawasan residensial/perumahan," ujarnya.

Ia juga menambahkan, di tahun 2020 ini, XL Axiata masih akan terus fokus pada strategi untuk mendorong dan meningkatkan bisnis layanan data sehingga bisa menjadi penyedia layanan data terdepan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×