Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Tendi Mahadi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar sepeda motor dalam negeri khususnya motor sport diharapkan kembali melaju kencang di 2021. Sejumlah katalis positifnya adalah pemulihan ekonomi yang secara langsung bisa berdampak pada penjualan motor sport nasional.
General Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM) Ahmad Muhibbuddin menjelaskan AHM melihat pasar motor di tahun ini cukup menantang karena belum usainya pandemi. Namun AHM optimistis tahun ini akan lebih baik dibandingkan 2020 karena adaptasi sudah terjadi dan vaksinasi akan segera dimulai.
"Kami harapkan dengan pulihnya ekonomi diikuti dengan meningkatnya daya beli termasuk permintaan terhadap motor sport karena kami melihat ada permintaan di segmen ini," jelasnya kepada Kontan.co.id, Kamis (21/1).
Baca Juga: Bengkel resmi Daihatsu di DKI Jakarta siap layani uji emisi gas buang
Muhib menilai motor sport kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, sehingga ada peluang tumbuh di tahun ini.
Sebagai informasi, Honda memiliki beberapa model motor sport yakni Cbr150R yang diklaim disukai pecinta motor sport full fairing selain CBR250RR. Muhib mengatakan, CBR150r yang dirilis AHM di awal tahun ini merupakan salah satu bentuk upaya memenuhi ekspektasi konsumen.
Selain itu AHM juga punya naked bike Honda CB150R StreetFire dan Honda Verza yg jg diterima dengan baik oleh penggemar motor sport di tahun lalu. "Hampir semua model tersebut menjadi market leader di segmennya masing-masing," ungkapnya.
Prospek bisnis di 2021 juga dilihat oleh Yamaha. Hal ini dibuktikan dengan aksi Yamaha melakukan penyegaran pada motor sport fairing R15 yang merilis pembaruan warna bodi yaitu Metallic Blue, Matte Silver, Matte Black.
Manager Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Anton Widiantoro mengatakan pasar motor sport di Indonesia tetap ada peminatnya meski di tengah pandemi sekalipun. Hadirnya produk-produk baru di kategori sport membuktikan kalo demand-nya masih cukup potensial.
Baca Juga: Pendapatan Garuda Metalindo (BOLT) ditargetkan naik dua digit di tahun ini
"Kebutuhan konsumen di kategori sport, tidak hanya sebagai alat transportasi harian, tapi juga untuk menunjang gaya hidup pengendara yang ingin tampil sporty dan gagah serta mendukung hobi yang dapat disalurkan dengan menggunakan motor sport," jelasnya kepada Kontan.co.id dihubungi terpisah.
Maka dari itu, Anton mengatakan YIMM berusaha menjawab kebutuhan konsumen tersebut dengan menyediakan motor sport dengan berbagai pilihan, sesuai selera konsumen, baik untuk lifestyle, racing, maupun off road. Anton mencontohkan seperti R-Series, MT-Series, XSR155, WR155, dan V-Ixion.
Menurut Anton, di sepanjang 2020 motor sport yang paling diminati tergantung pada tipe motor sport Yamaha karena punya penggemarnya masing-masing baik di segmen naked bike, sport fairing maupun off road.
Anton mengungkapkan saat ini peminatnya pun makin meluas, terlebih lagi di akhir tahun 2019 Yamaha meluncurkan motor sport adventure WR 155 R dan motor sport heritage XSR 155.
Lebih jelasnya, WR 155 R banyak digunakan untuk pehobi terabas dan XSR 155 digemari pecinta lifestyle berkendara motor. Sementara naked bike seperti V-Ixion Series dan MT Series serta sport fairing R Series tetap dicari konsumen.
Menurutnya karena melimpah keunggulannya dan punya ciri khas yang melekat kuat sehingga memberikan pride tersendiri bagi penggunanya. Nah untuk prospek bisnis motor sport di 2021, Anton menilai Motor sport akan terus memiliki peminat dan permintaannya akan terus ada.
Baca Juga: Perlu tahu! Berikut daftar lokasi kamera tilang elektronik di Jakarta
"Tinggal bagaimana pabrikan harus terus berinovasi, mengikuti perkembangan tren dan menyajikan model sport yang dinamis dalam menanggapi perubahan teknologi dan selera pasar," tegasnya.
Setali tiga uang, pemain motor sport lainnya yakni Kawasaki juga melihat peluang penjualan motor sport yang lebih cerah di 2021. Michael Chandra Tanadi, Head Sales & Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) menjelaskan penjualan motor sport Kawaski diproyeksikan akan meningkat dibanding 2020.
Salah satu peluangnya adalah gencar meningkatkan kegiatan di bidang digital marketing. "Saat ini tiga besar penjualan motor sport Kawasaki adalah KLX 150, W175 dan Ninja ZX25R," jelasnya.
Meski Kawasaki melihat prospek bisnis di 2021, tetap saja ada tantangannya. Michael mengatakan tantangan di tahun ini untuk segmen motor sport masih dipengaruhi oleh pasar yang lebih dinamis sehingga Kawasaki harus mengikuti perkembangan.
Selanjutnya: Royal Enfield hadirkan fitur Roadside Assistance di Indonesia
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News