kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Permintaan Tenaga Kerja Terlatih di Sektor Pariwisata Kembali Meningkat


Jumat, 09 Desember 2022 / 20:06 WIB
Permintaan Tenaga Kerja Terlatih di Sektor Pariwisata Kembali Meningkat
ILUSTRASI. Aktivitas pendidikan vokasi perhotelan dan pariwisata PT IDeA Indonesia Akademi Tbk.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT IDeA Indonesia Tbk mencatatkan peningkatan permintaan kebutuhan tenaga kerja terlatih dari industri hospitality, pariwisata dan kuliner tahun ini seiring dengan terkendalinya penanganan pandemi Covid-19.

Sektor pariwisata diproyeksi akan kembali bangkit pada tahun 2023 sejalan dengan relaksasi kebijakan penanganan Covid-19.

Peran aktif pemerintah untuk memulihkan perekonomian dan dorongan keinginan masyarakat untuk berwisata setelah selama dua tahun tertahan selama Covid-19 menjadi faktor pendorong kebangkitan itu.

Direktur Utama PT Idea Indonesia Tbk Eko Desriyanto mengatakan, sejak awal 2022, IDEA telah menerima sedikitnya 4,500 permintaan tenaga kerja terlatih untuk ditempatkan di hotel, restaurant, resort, villa, sampai kapal pesiar.

Oleh karena itu, alumni-alumni program yang sempat dirumahkan karena pandemi, saat ini telah seluruhnya kembali bekerja di industri.

"Dari sebanyak 159 peserta Program periode Juli 2022, 95% telah mendapat penempatan kerja, sisanya tinggal menunggu kontrak kerja dan pemberangkatan." kata Eko dalam keterangan resminya, Jumat (9/12).

Baca Juga: IDEA Optimistis Pertumbuhan Ekonomi E-Commerce Naik 15%-20% di 2023

Mengingat tingginya tren permintaan tenaga kerja ini, IDEA bergerak cepat untuk membuka Cabang baru di Semarang, Jawa Tengah pada November 2022.

Dengan hadirnya IDEA di Semarang diharapkan dapat mendukung cabang di Lampung dan Surabaya untuk memenuhi permintaan tenaga kerja yang diprediksi meningkat mulai tahun 2023 dan seterusnya.

Eko mengatakan, pihaknya akan terus menambah cabang ke beberapa daerah dan meningkatkan efektifitas penjaringan peserta program melalui kombinasi strategi marketing offline dan online secara intensif.

“Ada 6 hotel yang sudah ada dalam pipeline IDEA untuk dijadikan mitra pengembangan cabang yang tersebar di Jakarta, Yogyakarta, Palembang, dan Makassar”, ungkap Eko.

Terkait dengan penjaringan peserta Eko menegaskan potensi rekrutmen seperti sebelum pandemi, dimana 1 cabang bisa mendapat setidaknya 500 peserta.

Sebagaimana diketahui bahwa, Program Persiapan Kerja PT Idea Indonesia Tbk selalu terintegrasi dengan industri hotel komersial, sehingga peserta dilatih di industri, menggunakan fasilitas industri, terlibat dalam standar operasional industri, dan dibimbing langsung oleh praktisi industri, hingga langsung direkrut oleh industri.

Hingga saat ini PT Idea Indonesia Tbk mengoperasikan 3 Cabang di 3 Hotel Berbintang yaitu, Cabang Lampung di Aidia Grande Hotel bintang 3 yang dimiliki oleh entitas anak PT Idea Indonesia Propertindo, Cabang Surabaya di Garden Palace Hotel bintang 4, dan Cabang Semarang di Pandanaran Hotel bintang 3.

Baru-baru ini, anak usaha PT Idea Indonesia Propertindo Tbk telah menyelesaikan pembangunan tambahan kamar dan fasilitas pendukung hotel berbintang seperti kolam renang, gym, dan meeting room.

Baca Juga: Ini Tanggapan idEA Soal PHK 1.300 Karyawan GoTo Gojek Tokopedia (GOTO)

"Dengan terlaksananya realisasi penambahan kamar dan fasilitas pendukung pada Aidia Grande Hotel, kami percaya diri bahwa anak perusahaan ini akan menyumbang pendapatan lebih besar sekaligus penopang utama proses pelatihan (teaching factory) yang menjadikan Perseroan sebagai penyedia Jasa Pelatihan yang berbasis Industri pertama di Indonesia," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×