kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IDEA Optimistis Pertumbuhan Ekonomi E-Commerce Naik 15%-20% di 2023


Jumat, 09 Desember 2022 / 10:34 WIB
 IDEA Optimistis Pertumbuhan Ekonomi E-Commerce Naik 15%-20% di 2023
ILUSTRASI. Bisnis e commerce


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesian E-Commerce Association (IDEA) optimistis pertumbuhan ekonomi e-commerce di 2023 meningkat 15%-20%.

Peningkatan ini didukung dengan adanya tiga faktor pendukung. Pertama, konsumsi dalam negeri yang dapat menopang e-commerce. Kedua, internet user di Indonesia yang saat ini sebesar 77% (210 juta) dan terus meningkat.

Ketiga, adanya peningkatan digitalisasi untuk UMKM yang mencapai 12 juta on-board selama pandemi.

Head of Public Policy and Government Relations IDEA Rofi Uddarojat mengatakan fenomena shoppertainment atau entertainment dan shopping dalam kurun waktu beberapa tahun ini memiliki batasan yang semakin tipis.

“Saat ini semua platform akan memberikan perpaduan entertainment melalui menonton video sambil belanja. Sekarang e-commerce sedang mengembangkan live-shopping,” kata Rofi dalam pernyataannya (08/12).

Baca Juga: Telefast (TFAS) Perluas Jaringan Drop Point Logistik Bagi Mitra Bukalapak

Hal ini melihat ramainya fenomena di China, dimana pengguna internet bukan lagi mencari barang ketika ingin berbelanja, tapi sifatnya komplementer dengan kegiatan hiburan.

Hal ini membuat dua fenomena ini melebur, yang akibatnya pengguna internet tidak perlu lagi berpindah-pindah platform karena kebutuhan hiburan dan berbelanja menjadi satu. Rofi menyatakan hal ini yang dinamakan discovery-based, bukan search-based.

“Brand itu mencari pasar yang niche: pengikut loyal akan langsung membeli produk yang di endorse oleh KOL yang diminatinya. Platform ini juga memiliki sistem komisi dengan para KOL. Pemain social-commerce sukses menggabungkan pola hidup social networking dan commercial selling,” jelas Rofi.

Pernyataan Rofi tersebut disampaikan saat MarkPlus Conference 2023. Dalam kesempatan lainnya terutama pada sesi Indonesia Industry Outlook 2023 yang dimoderatori oleh Hermawan Kartajaya, Founder and Chairman of M Corp, telah diulas berbagai wawasan menarik lintas industri guna membuka cakrawala ribuan pemasar yang hadir di acara ini, sehingga keputusan bisnisnya dapat lebih terarah dan berdampak signifikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×