kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Permintaan Tinggi, Morris Garage (MG) Siap Bangun Pabrik di Indonesia


Kamis, 18 Mei 2023 / 12:12 WIB
Permintaan Tinggi, Morris Garage (MG) Siap Bangun Pabrik di Indonesia
ILUSTRASI. Booth?MG Motor?saat pameran otomotif IIMS Hybrid 2021 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Morris Garage (MG) Motor Indonesia memberi sinyal akan memproduksi mobil secara langsung di Indonesia pada masa mendatang. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah yang ingin mendorong lebih banyak pabrikan otomotif global untuk memproduksi kendaraannya di Tanah Air.

Direktur Pemasaran dan Humas MG Motor Indonesia Arief Syarifudin mengatakan, pihaknya menyambut positif niat pemerintah yang ingin terus mengembangkan industri otomotif nasional, termasuk untuk kendaraan elektrifikasi.

MG sendiri selaku pabrikan otomotif asal Inggris telah beroperasi selama 99 tahun. MG baru masuk ke pasar Indonesia pada 2020 silam atau ketika tahun pertama pandemi Covid-19.

Walau kala itu bisnis otomotif cukup menantang, nyatanya pertumbuhan pasar cukup positif seiring perbaikan ekonomi nasional.

Baca Juga: Pameran Kendaraan Listrik PEVS 2023 Akan Dihelat di JIExpo Kemayoran Mulai 17 Mei

Apabila permintaan terus meningkat, MG siap memproduksi berbagai model kendaraan di dalam negeri, termasuk mobil listrik. “Tunggu tanggal mainnya saja,” ujar dia ketika ditemui Kontan di acara Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023, Rabu (18/5).

Sayangnya, Arief tidak bisa menjelaskan secara rinci kapan MG akan membangun pabriknya di Indonesia, termasuk nilai investasinya. Ia hanya bilang, upaya lokalisasi produksi mobil MG sudah mulai terlihat.

Apalagi, beberapa bulan yang lalu, pihak MG sudah menemui Menko Maritim dan Investasi Luhut B. Panjaitan untuk membahas perkembangan bisnis MG di Tanah Air.

“Kalau bisa ditelaah, ketika permintaan otomotif luar biasa, bisa saja kami percepat (pembangunan pabrik). Tapi kami tidak bicara time frame. Nanti kami sampaikan perkembangan tersebut,” ungkap dia.

Sekadar pengingat, saat ini MG biasa mengimpor produk mobil untuk konsumen Indonesia dari pabrik mereka yang ada di Thailand.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×