kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,96   1,15   0.15%
  • EMAS930.000 0,22%
  • RD.SAHAM -0.09%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Persaingan AMDK masih ketat


Selasa, 03 September 2019 / 18:13 WIB
Persaingan AMDK masih ketat
ILUSTRASI. Air mineral Ades

Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Musim kemarau yang berkepanjangan kali ini tak pelak bakal mendorong konsumsi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK). Oleh karena itu produsen air kemasan tersebut bakal berlomba menggenjot penyerapan produknya ke konsumen.

Thomas Maria Wisnu Adjie, Direktur PT Akasha Wira International Tbk (ADES) mengatakan perusahaannya bakal terus mendorong perluasan distribusinya. "Mudah-mudahan musim kemarau sekarang juga positif bagi AMDK," ujarnya kepada KONTAN, Selasa (3/9).

Baca Juga: Rajin penetrasi pasar, bottomline ADES melejit di paruh pertama 2019

ADES saat ini berusaha memperbaiki positioning di pasar dengan memperbanyak point of sale, edukasi dan komunikasi via sosial media. Strategi itu cukup berhasil meningkatkan pertumbuhan penjualan di semester satu 2019 dengan membukukan Rp 403,1 miliar sepanjang paruh pertama ini, meningkat 2,68% jika dibandingkan dengan pendapatan semester pertama tahun lalu Rp Rp 392,57 miliar.

Sementara itu PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) optimistis peak season AMDK bakal mencapai puncaknya di musim kemarau yang kemungkinan memanjang hingga September dan Oktober ini.

“Sama trennya dari tahun-tahun sebelumnya di mana semester kedua selalu lebih baik dari semester satu,“ ujar Lukas Setio Wongso, Corporate Secretary CLEO kepada Kontan.co.id.

Sebagai informasi, sebelumnya produsen minuman bermerek Cleo ini berhasil mencatatkan pertumbuhan dari sisi laba bersih sebesar 130,54% secara yoy dari yang semula sebesar Rp 27,73 miliar di semester-I 2018 menjadi Rp 63,93 miliar di semester-I 2019.

Baca Juga: Laba Akasha Wira International (ADES) tumbuh hingga 41,6%

Harianus Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication Orang Tua (OT) Group mengatakan dalam peningkatan pangsa pasar perusahaan menjalankan program-program berbasis customer experience.

"Baik yang kami kelola sendiri maupun dalam bentuk sponsorship," kata Harianus kepada KONTAN, Selasa (3/9).Sekedar info saat ini OT Group masih mengandalkan air mineral merk Crystalline.

Meski persaingan ketat, OT Group masih optimis karena respon pasar terhadap Crystalline terus meningkat. Untuk itu perusahaan akan berusaha berinovasi dan mempelajari pasar dan pengembangan produk. "Kami sudah mengantisipasi permintaan tersebut dengan menambah kapasitas produksi dan channel-channel distribusi baru," jelasnya.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×