kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Persiapkan Pasar Ekspor, Mitra Pack (PTMP) Perkenalkan Sister Company


Jumat, 13 Oktober 2023 / 21:30 WIB
Persiapkan Pasar Ekspor, Mitra Pack (PTMP) Perkenalkan Sister Company
Aneka mesin pengemasan yang ditawarkan PT Mitra Pack Tbk (PTMP) saat pameran AllPack Indonesia & AllPrint Indonesia di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (13/10/2023).


Reporter: Sabrina Rhamadanty | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam rangka mempersiapkan target ekspor perusahaan distributor resmi dan penyewaan barang-barang industri pengemasan PT Mitra Pack Tbk (PTMP) telah memperkenalkan sister company mereka bernama PT Digital Koding Solusindo.

PT Digital Koding Solusindo adalah perusahaan local coding yang diharapkan dapat memenuhi permintaan dalam negeri hingga bisa mempersiapkan permintaan dari luar negeri atau ekspor. 

“Kami baru saja soft launching coding lokal tersendiri, kira-kira dua bulan lalu. Karena ada request dari customer dan lain-lain, kita sudah setahun lebih mempersiapkan membuat coding sistem di Indonesia,” ungkap Direktur Pemasaran Mitra Pack Cindy Kusuma. 

Meski baru soft launching PT Digital Koding Solusindo ungkap Cindy sudah memiliki kurang lebih 20 lebih consumer. 

Baca Juga: Mitra Pack (PTMP) Tawarkan Kemudahan ke Konsumen dengan Sistem Sewa Mesin

“Dengan adanya local coding ini kita harapkan dengan made ini Indonesia inilah yang akan membawa kita ekspor ke luar negeri,” ungkapnya.

Cindy menambahkan, saat ini onderdil mesin yang dijual maupun disewakan PT Mitra Pack Tbk (PTMP) masih impor, sehingga pelemahan rupiah maupun penguatan rupiah memiliki pengaruh terhadap biaya perseroan. 

“Hingga saat ini masih impor, jadi kita ada partner, kita sebagai distributor di Indonesia ada partner dari US, kemudian ada juga yang dari Jerman, beberapa macam dari beberapa country,” ungkap Cindy.

Terkait adanya pelemahan rupiah selama beberapa hari belakangan ini,PTMP mengaku sudah melakukan konsolidasi sebaik mungkin agar efeknya minim.

“Dari sisi kurs, ya kita pasti ada kenaikan. Kita kan memang semua impor, tapi kita kalau soal pembelian, semua sudah terkonsolidasi dan menjaga sebaik mungkin agar risk ini tidak terlalu tinggi di bagian kita,” ungkapnya.

Fluktuasi nilai tukar jugalah yang membuat perseroan semakin mantap memperkenalkan sister company mereka yaitu PT Digital Koding Solusindo.

“Kalau dengan lokal produk kan bisa lebih baik, jadi hal-hal begini tidak berpengaruh,” katanya. 

Meski begitu, perseroan ungkap Cindy tidak khawatir karena secara pembelian dan logistik bahan baku mesin biasanya sudah offering 5-6 bulan sebelumnya.

“Jadi persiapan kita sudah setengah tahun. Meskipun kalau ditanya affected, ya ada pasti. Tapi karena kita sudah antisipasi dan persiapan kita yang lebih banyak maka sekarang kita lumayan stabil,” katanya.

Baca Juga: Mitra Pack (PTMP) Berupaya Jadi Solusi Sektor Manufaktur

Terkait PT Digital Koding Solusindo, Cindy bilang, perusahaan membantu sister company mereka dalam mencari customer dan fokus memenuhi kebutuhan market dalam negeri.

“Sudah berjalan dua bulan ini, sudah soft launching, trial dan lain-lain. Kita harapkan tahun ini untuk serve local market dulu ya, untuk penjualan dan rental. Kalau untuk ekspornya masih kita penuhi syarat-syaratnya dulu, tujuan kita pertama ke Amerika,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×