kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertagas siap uji coba komersial jaringan pipa Gresik-Semarang


Rabu, 18 Maret 2020 / 21:34 WIB
Pertagas siap uji coba komersial jaringan pipa Gresik-Semarang
ILUSTRASI. Jaringan pipa Gresik-Semarang memasok gas untuk PLTG Tambak Lorok milik PLN


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Pertamina Gas (Pertagas), anak usaha PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) yang terafiliasi dengan PT Pertamina (Persero), tengah menyiapkan uji coba komersial (commissioning)  jaringan pipa gas dari Gresik ke Semarang. Proses konstruksi jaringan pipa yang dikerjakan konsorsium PT Wijaya Karya Tbk-Rabana-Kelsri (KWRK) dengan investasi US$ 250 juta itu telah tuntas akhir 2019.

Zainal Abidin, Manajer Komunikasi dan CSR Pertagas,  mengatakan proyek pipa gas Gresik-Semarang merupakan pipa gas open access. Panjang jaringan pipa Gresik-Semarang 268 kilometer dengan diameter 28 inchi. Jaringan pipa tersebut memiliki kapasitas pengaliran gas maksimal sebesar 400 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD).

Baca Juga: PGAS upayakan pembangunan infrastruktur gas bumi untuk transportasi

Menurut Zainal, jaringan pipa Gresik-Semarang memasok gas untuk PLTG Tambak Lorok milik PLN dan kawasan industri khususya di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. "Jaringan pipa gas Gresik-Semarang nantinya mendapatkan pasokan gas dari Proyek Jambaran-Tiung Biru (JTB) milik PT Pertamina EP Cepu,” katanya, dalam siaran pers, Rabu (18/3).

Pertagas memulai pembangunan pipa gas Gresik-Semarang pada 8 Oktober 2014 yang ditandai dengan kegiatan groundbreaking. Proses konstruksi proyek tersebut memakan waktu lima tahun. 

Zainal juga menyebutkan, sepanjang 2019, Pertagas menuntaskan konstruksi dua pipa gas. Sebelum jaringan pipa Gresik-Semarang, perusahaan menuntaskan konstruksi jaringan pipa gas Duri-Dumai. Proses uji coba komersial dilakukan pada 14 April 2019 seiring dengan mengalirkan gas perdana (gas in) tahap II ke Refinery Unit II Dumai di Riau dengan kapasitas sebesar 22,7 MMSCFD. 

Pemanfaatan gas ini merupakan salah satu inisiatif strategis RU II Dumai untuk meningkatkan Gross Refinery Margin yang sejalan dengan estimasi 40% penghematan fuel cost. "Total nilai investasi Proyek Pipa Gas Duri – Dumai sebesar US$70 juta," katanya. 

Baca Juga: Garap proyek Jambaran-Tiung Biru, Pertamina EP Cepu diganjar penghargaan dari PFI

Sebelumnya, pada 24 November 2018, Pertagas mengalirkan gas in  tahap I ke pelanggan rumah tangga, industri, dan komersial, yang berada di wilayah Dumai yang selama ini dikelola PGN. 

Pipa Gas Duri-Dumai memiliki panjang 67 km dengan diameter pipa 24 inchi. Titik awal terhubung di Duri Meter Station pipa Grissik-Duri (PT TGI) dan titik akhir di Kilang Pertamina Refinery Unit II Dumai. Gas yang dialirkan bersumber dari Blok Bentu (dioperasikan oleh PT Energi Mega Persada Tbk), Blok Corridor (dioperasikan oleh ConocoPhillips), dan Blok Jambi Merang (dioperasikan PT Pertamina Hulu Energi).

Kementerian ESDM memberikan penugasan kepada Pertamina dan PGN untuk membangun Pipa Gas Duri – Dumai melalui Keputusan Menteri ESDM Nomor 5975 K/12/MEM/2016 tanggal 27 Juni 2016. Penugasan tersebut ditindaklanjuti kedua pihak dengan penandatanganan kesepakatan awal (Head of Agreement/HoA) Pipa Duri-Dumai pada 9 Juni 2017.

Baca Juga: Rampingkan anak usaha, PGN (PGAS) lakukan restrukturisasi dalam dua tahun ke depan

Pada 27 Juli 2017, Pertamina mengalihkan HoA tersebut kepada  Pertagas. Pada 10 November 2017, PGN dan Pertagas menandatangani Perjanjian Kerja Sama Operasi (KSO) Pembangunan Pipa Gas Duri-Dumai. Dalam kerja sama operasi itu PGN menguasai 40% hak kelola dan Pertagas sebesar 60%. Groundbreaking Proyek Pipa Gas Duri – Dumai pun dilakukan pada 13 November 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×