kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertamina Hulu Rokan akan perkuat industri minyak nasional


Rabu, 23 Desember 2020 / 19:28 WIB
Pertamina Hulu Rokan akan perkuat industri minyak nasional
ILUSTRASI. Petugas memeriksa sistem pengisian BBM. KONTAN/Baihaki/1/9/2020


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina (Persero) bakal mengelola lebih dari setengah dari total lapangan migas yang ada di Indonesia pascaalih kelola Blok Rokan. Perusahaan pelat merah ini akan resmi mengelola Blok Rokan setelah proses ambil alih rampung pada Agustus 2021. 

Blok Rokan merupakan  blok dengan produksi terbesar di Indonesia. Berdasarkan data Satuan Kerja Minyak dan Gas Bumi sampai akhir April 2018 tercatat produksi minyak di blok Rokan mencapai 210.280,60 BOPD dan produksi gas sebesar 24,26 MMSCFD. 

Sebelumnya blok ini dikelola perusahaan minyak Chevron Pacific Indonesia yang kemudian diambil alih Pertamina yang ditargetkan rampung 9 Agustus 2021. Direktur Pertamina Hulu Rokan (PHR) RP Yudantoro mengatakan bahwa Proses alih kelola ini tak mudah dan penuh tantangan. 

Baca Juga: Ini 4 program unggulan Pertamina Hulu Energi WMO raih proper emas

Tantangannya tersebut menurutnya adalah pandemi Covid-19 yang berdampak cukup besar terhadap perekonomian, termasuk industri minyak. "Selain itu dibutuhkan teknologi rumit karena ini blok tua," katanya dalam press rilis, Rabu (23/12).

Yudantoro mengungkapkan tantangan tersebut dapat diatasi dengan kekompakan seluruh personel, terlebih harus mencapai produksi 300.000 barel per hari. Ia berharap Pertamina Hulu Rokan bisa menjadi KKKS terbesar dari sisi produksi dan keuntungan bagi Pertamina dan berkontribusi untuk ketahanan energi nasional dan keuangan negara

Sebagai bagian membangun kekompakan personel,  Pertamina Hulu Rokan (PHR) menggelar Sport Day. Ini juga  bagian dari perayaan dua tahun berdirinya PHR sebagai anak perusahaan PT Pertamina pada tanggal 20 Desember 2020. Selain itu, PHR memberikan santunan untuk 10  lembaga yayasan yatim piatu lintas latar belakang etnis dan agama senilai Rp  142,6 juta.

Baca Juga: Pertamina beberkan langkah-langkah untuk membantu perbaikan ekonomi nasional

"Semangat persaudaraan dan kekompakan ini diperlukan dalam usia PHR yang masih muda. Apalagi kami mengemban misi yang tak mudah dan membutuhkan kekompakan yakni mengelola Blok Rokan pada 2021 hingga 2041," Pungkas Yudantoro.

Selanjutnya: Pertamina EP Asset 1 Lirik Field gunakan layanan premium platinum ekstra dari PLN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×