kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45672,14   1,07   0.16%
  • EMAS916.000 -1,08%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Pertamina klaim empat perusahaan berminat ikut kelola Blok Mahakam


Jumat, 22 Juni 2018 / 16:08 WIB
Pertamina klaim empat perusahaan berminat ikut kelola Blok Mahakam
ILUSTRASI. PHM Melakukan Pengapalan Minyak Perdana dari Blok Mahakam

Reporter: Pratama Guitarra | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah ada kepastian Total E&P Indonesie tidak akan bergabung mengelola Blok Mahakam bersama PT Pertamina (Persero). Kini proses penyeleksian partner makin gencar dilakukan.

Direktur Hulu Pertamina, Syamsu Alam menyatakan, sejak Total E&P sudah menyatakan tidak berminat, ternyata perusahaan lain masih menaruh ketertarikan untuk menjadi partner Pertamina di Blok Mahakam, yang merupakan salah satu kontributor penghasil minyak dan gas di tanah air.


Syamsu menuturkan paling tidak sudah ada empat perusahaan bertaraf internasional yang sudah terang-terangan menyatakan minat untuk ikut kelola Blok Mahakam. Dia mengakui, Inpex Corporation termasuk salah satu dari empat perusahaan tersebut dan proses pembicaraan masih berlangsung dengan intens.

"Lagi dibicarain, ttapi kan belum tahu detailnya. Tidak Inpex saja, ada empat (perusahaan) lah," katanya ditemui di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jumat (22/6).

Namun, sayangnya, ia enggan membeberkan perusahaan mana saja yang sudah melakukan diskusi dengan Pertamina. Alasannya, karena masih dalam pembicaraan bisnis. Ia hanya bilang, seluruh yang berminat adalah perusahaan internasional.

Syamsu mengakui Inpex menjadi salah satu kandidat terbaik untuk bisa berpartner. Pasalnya perusahaan asal Jepang ini merupakan perusahaan yang berpartner dengan Total sebelum Blok Mahakam dikelola secara penuh oleh Pertamina mulai 1 Januari 2018.

Kata Syamsu. Pertamina berharap pembicaraan detail kerja sama dengan para calon mitra bisa diselesaikan pada tahun ini. "Mudah-mudahan tahun ini. Pembicaraan transaksi dan lain-lain ya masih terus dibicarakan," pungkasnya.

Mengacu data SKK Migas, rata-rata produksi migas Blok Mahakam termasuk dalam lima besar blok dengan kontribusi terbesar. Hingga Mei 2018, rata-rata produksi gas sebesar 951,8 mmscfd. Sementara, produksoi minyak sebesar 46.069 barel per hari (bph).

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×