kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertamina lakukan pemancangan perdana proyek RDMP RU VI Balongan fase 1


Selasa, 23 Februari 2021 / 10:09 WIB
Pertamina lakukan pemancangan perdana proyek RDMP RU VI Balongan fase 1
Pemancangan perdana proyek Pertamina RDMP RU VI Balongan Fase 1.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - BALONGAN. PT Pertamina (Persero) memulai pembangunan RDMP RU VI - BALONGAN PHASE-1: CDU Crude Distillate Upgrading Project yang ditandai dengan pemancangan (pilling) perdana. Pengembangan proyek ini bertujuan untuk meningkatkan fleksibilitas unit pengolahan dan meningkatkan kapasitas produksi kilang Pertamina Balongan dari semula 125 MBSD menjadi 150 MBSD serta mampu menghasilkan naptha untuk proses lanjut dari 5,29 MBSD menjadi 11,6 MBSD.

Dengan peningkatan fleksibilitas CDU, kilang Balongan akan mampu memproses minyak mentah campuran berat (Heavy Mix Crude) ataupun minyak mentah ringan (Lighter Crude Oil). Hal ini akan meningkatkan margin untuk perusahaan dan juga meningkatkan ketahanan energi nasional.

Pembangunan proyek RDMP RU VI Balongan Phase 1 ini dikerjakan bersama oleh Pertamina dengan konsorsium PT Rekayasa Industri, PT Rekayasa Engineering, dan PT Enviromate Technology International sejak November 2020. Dalam pelaksanaan proyek, Pertamina selalu mengedepankan keselamatan pekerja proyek di semua lini dan diharapkan hal ini akan membawa kelancaran proyek. Untuk itu, kepatuhan terhadap safety regulation dan protokol kesehatan Covid-19 tetap diterapkan secara ketat dan konsisten.

Baca Juga: Pertamina jaga kinerja operasi arus minyak kilang sepanjang tahun 2020

Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical, PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya menyampaikan, dalam pembangunan RDMP Phase 1 pihaknya akan memberdayakan pekerja lokal.

“Kami memperhatikan benar keberlanjutan proyek RDMP Kilang RU VI untuk kebermanfaatan masyarakat lokal. Maka dari itu semaksimal mungkin proyek RDMP Phase 1 ini akan menggunakan pekerja lokal sesuai dengan kompetensi yang ada di masyarakat sebagai bentuk perhatian Pertamina kepada warga sekitar," kata Ifki dalam siaran pers yang diterima Kontan, Selasa (23/2).

Pada acara pencanangan perdana tersebut juga dilakukan pemberian santunan kepada anak yatim dan mustahik di sekitar wilayah kilang Balongan sekaligus sebagai rasa syukur atas dimulainya proyek yang ditandai dengan pelaksanaan pekerjaan pilling perdana RDMP RU VI. Diharapkan proyek ini dapat diselesaikan pada bulan Maret 2022 yang akan datang.

Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional terus membangun kerjasama sinergis untuk merealisasikan target upgrading kilang-kilang Pertamina guna mewujudkan ketahanan energi nasional. RDMP RU VI merupakan salah satu proyek strategis nasional pengembangan kilang yang menjadi perhatian para stakeholders untuk diwujudkan.

Selanjutnya: Pembebasan lahan kilang baru Pertamina di Tuban capai 99%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×