kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertamina Patra Niaga lakukan inovasi berkelanjutan lewat SmartMT


Jumat, 11 Juni 2021 / 10:21 WIB
Pertamina Patra Niaga lakukan inovasi berkelanjutan lewat SmartMT


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pertamina Patra Niaga melakukan inovasi Smart Moda Transportasi (SmartMT) yang berkelanjutan. Inovasi ini menyempurnakan sistem keamanan dan keselamatan transportasi angkutan distribusi bahan bakar minyak (Safety and Security Fleet Management).

Ada 10 unit mobil tangki SmartMT yang menjadi proyek percontohan di Fuel Terminal Ujung Berung. Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengapresiasi  inovasi Pertamina Patra Niaga ini.

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan, pengembangan SmartMT berawal saat KNKt melakukan investigasi atas insiden terbakarnya truk Pertamina pada tahun 2017.

"Awalnya ban terbakar. Lalu kami teliti dan ternyata penyebabnya akibat tromol mengunci dan mengerem terus, ban mengalami pirolisis hingga terjadi insiden api, dan terbakarlah tangki beserta muatan BBM yang dibawa. Lalu mereka mengembangkan SmartMT. Jadi ini inisiatif dan kepedulian Perwira Pertamina Patra Niaga," katanya dalam pers rilis, Jumat (11/6).

Baca Juga: Pertamina salurkan Biosolar ke lebih dari 5.500 SPBU seluruh Indonesia

SmartMT diciptakan memang  tidak lepas dari kasus-kasus kecelakaan lalu lintas mobil tangki dikarenakan kelelahan saat mengemudi, kegagalan sistem pengereman, tekanan angin pada ban, jarak aman berkendara, perawatan mobil tangki,  kehandalan performansi mobil tangki (overheat pada tromol), peningkatan keamanan produk BBM , optimalisasi konsumsi BBM, masih rendahnya tingkat kepuasan dan keluhan pelanggan, dan dampak finansial akibat kecelakaan lalu lintas.

"Manusia penuh kelemahan. Tapi kita melihat untuk menjadikan lebih sempurna adalah dengan teknologi," kata Isabella Hutahaean selaku Direktur SDM dan Penunjang Bisnis Pertamina Patra Niaga Sub Holding Commercial & Trading.

Menurut Isabella, SmartMT adalah inovasi digitalisasi pada moda transportasi darat, khususnya mobil tangki guna meningkatkan standar keselamatan dan keamanan (Safety and Security Fleet Management).

Inovasi ini diinisiasi dan diujicoba sejak 2018. Semula dengan tiga fitur yakni tromol sensor, elektronik data recorder, safety voice induction yang diujikan di Fuel Terminal Jakarta Group.

SmartMT saat ini terintegrasi dengan sistem eksisting (TAS-NewIFMS/SIOD, ODI, GPS Fleetsight, CCTV kabin mobil tangki) dan ke depan juga akan integrasi dengan Digitalisasi SPBU, serta pendukung terkait lainnya di lingkungan Pertamina untuk meningkatkan implementasi HSSE (Health, Safety, Security and Environment) dan efisiensi biaya operasional untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×