kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Pertamina: Pelemahan rupiah belum berdampak ke perubahan harga BBM


Rabu, 25 Maret 2020 / 13:02 WIB
Pertamina: Pelemahan rupiah belum berdampak ke perubahan harga BBM
ILUSTRASI. Aktivitas di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Minyak (SPBU) milik PT Pertamina di Jakarta, Selasa (28/8). Pertamina menyebut tren pelemahan rupiah belum berdampak ke perubahan harga BBM. KONTAN/Cheppy A. Muchlis

Reporter: Rahma Anjaeni | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus menunjukkan pelemahan dalam beberapa waktu terakhir. Tentunya, sentimen utama yang memengaruhi pelemahan ini adalah karena pandemi wabah virus Corona yang terus meluas.

Adapun ada penutupan Senin (23/3) lalu, rupiah di pasar spot berada di level Rp 16.575 per dolar AS. Sementara, pada kurs tengah Bank Indonesia (BI) rupiah telah turun 3,29% dan berada di level Rp 16.608 per dolar AS.

Baca Juga: Pengamat: Dampak pelemahan rupiah ke harga BBM bisa diantisipasi dengan efisiensi

Tak dapat dimungkiri pelemahan nilai tukar ini juga akan berdampak pada sektor energi seperti Bahan Bakar Minyak (BBM). Namun demikian, Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, pelemahan nilai tukar ini belum berdampak pada perubahan harga BBM.

Fajriyah mengungkapkan, pihaknya saat ini akan terus memonitor perkembangan ekonomi makro, baik harga minyak dan gas (migas) maupun pelemahan nilai tukar.

"Sampai saat ini, Pertamina terus memonitor perkembangan makro, baik harga migas maupun nilai tukar. Sejauh ini kami belum ada rencana untuk perubahan harga BBM. Masih tetap sesuai dengan peraturan yang berlaku," ujar Fajriyah kepada Kontan.co.id, Selasa (24/3).

Baca Juga: Ada seruan di rumah saja, konsumsi LPG Pertamina naik 25%

Apabila nantinya pelemahan rupiah ini menyebabkan perubahan harga BBM, maka Pertamina akan menyesuaikan kebijakan sesuai dengan arahan dari Pemerintah Indonesia.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×