kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,71   -13,81   -1.48%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perusahaan Gas Negara (PGAS) raih penghargaan atas Laporan Berkelanjutan Tahun 2019


Selasa, 17 November 2020 / 17:54 WIB
Perusahaan Gas Negara (PGAS) raih penghargaan atas Laporan Berkelanjutan Tahun 2019
ILUSTRASI. karyawan PGAS


Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagai bentuk kontribusi dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) salah satunya dengan menerbitkan Laporan Keberlanjutan, PT Perusahaan Gas Negara Tbk mampu meraih Penghargaan Laporan Keberlanjutan Tahun 2019 Peringkat A. 
Pencapaian ini diraih berdasarkan hasil studi Laporan Keberlanjutan Tahun 2019 Perusahaan Publik di Indonesia oleh Foundation for International Human Rights Reporting Standards (FIHRRST).

Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama menjelaskan bahwa bagi PGN, laporan keberlanjutan merupakan salah satu sarana dalam mewujudkan visi PGN dan sesuai International Best Practice yang berlaku di banyak negara. Dengan begitu, PGN memutuskan untuk membuat laporan keberlanjutan.

Pertama kali PGN menerbitkan Laporan Keberlanjutan yakni di tahun 2010 untuk Laporan Tahun 2009. Dengan demikian, hingga kini emiten berkode saham PGAS tersebut telah menerbitkan laporan keberlanjutan selama 11 tahun berturut-turut.

Baca Juga: BerandaMas, anak usaha PGN (PGAS) tawarkan hunian terintegrasi berbasis gas bumi

"Ke depannya, kami akan terus menerbitkan laporan keberlanjutan. Apalagi, OJK telah mewajibkan kepada perusahaan terbuka untuk membuat laporan keberlanjutan setiap tahun mulai tahun 2020,” papar Rachmat dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Selasa (17/11).

Selain itu, dalam menjalankan perusahaan, diperlukan komunikasi yang baik dengan pemangku kepentingan yakni pemerintah, investor, pelanggan, mitra, maupun masyarakat. Laporan Keberlanjutan menjadi media komunikasi kepada seluruh pemangku kepentingan yang disusun dengan menggunakan standar internasional atau Global Reporting Initiave.

“Laporan Keberlanjutan memuat informasi nonfinansial dari seluruh fungsi perusahaan seperti kinerja operasional yang telah dijalankan dan pencapaian apa saja yang telah diraih perusahaan selama satu tahun terakhir,” jelas Rachmat.

Dia melanjutkan, ada tiga hal penting yang dikomunikasikan kepada pemangku kepentingan melalui Laporan Keberlanjutan. Pertama, bagaimana ketangguhan dan sumbangsih PGN dalam mengembangkan perekonomian pemangku kepentingan. Kedua, kinerja dan upaya apa yang dilakukan PGN terkait kelestarian bumi. Ketiga, upaya PGN melaksanakan tanggung jawab sosial kepada masyarakat maupun karyawan.

Laporan Keberlanjutan harus diperiksa oleh pihak eksternal yang independent (assurance). Hal ini sangat penting dan sudah dilakukan PGN sejak tahun 2012. 

Pemeriksaan tersebut dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri bagi PGN, meningkatkan kualitas Laporan Keberlanjutan, dan meningkatkan kepercayaan kepada para pemangku kepentingan, khususnya Investor atas Laporan Keberlanjutan yang diterbitkan.

Baca Juga: Realisasi sudah 90%, PGN yakin tuntaskan penugasan jaringan gas 2020

Bagi PGN, keberlanjutan adalah sebuah perjalanan yang memerlukan banyak pembelajaran, inovasi, dan peningkatan kinerja secara terus menerus. 

Ini mengingat status PGN sebagai Subholding Gas yang berperan penting dalam memastikan pertumbuhan infrastruktur dan pelayanan energi baik gas bumi, sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

Selanjutnya: Sisihkan BUMN lain, PGN (PGAS) sabet penghargaan di bidang branding dan marketing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×