kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45933,76   6,12   0.66%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pesawat Garuda nyaris adu moncong di Bandara Soekarno-Hatta


Jumat, 13 Desember 2019 / 18:55 WIB
Pesawat Garuda nyaris adu moncong di Bandara Soekarno-Hatta
ILUSTRASI. Dua pesawat jenis boeing milik Garuda Indonesia melintas di landasan pacu Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (15/3/2019).


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pesawat Garuda Indonesia nyaris saling adu moncong di taxiway Bandara Soekarno-Hatta. Kepala Otoritas Bandara Soekarno-Hatta, Herson, mengatakan, insiden yang disebut taxiway incursion tersebut terjadi pada Kamis (12/12) siang.

"Kemarin (Kamis 12/12) jam 11.26 WIB," ujar dia kepada Kompas.com saat dihubungi melalui pesan teks, Jumat (13/12).

Baca Juga: Garuda Tauberes, cucu usaha Garuda Indonesia yang bikin Erick Thohir tergelitik

Herson menjelaskan, pesawat yang nyaris adu moncong tersebut milik Garuda Indonesia dengan masing-masing nomor penerbangan GA-649 yang baru datang dari Ternate dan GA-264 yang akan take off. "Tipe pesawat B737NG dan CRJ1000 dan nomor registrasi PK-GMH dan PK-GRR," kata dia.

Herson mengatakan, kejadian bermula saat pesawat dengan nomor penerbangan GA-649 dari Ternate tersebut akan mendarat.

Kemudian, pesawat itu menerima instruksi dari menara ACT untuk masuk ke jalur NC3. Akan tetapi, pilot tidak mendengar instruksi menara ACT dan masuk ke jalur NP2.

Baca Juga: Menteri BUMN akan tata, Garuda setop pengembangan anak dan cucu perusahaan

"Pada saat yang bersamaan, GA-264 (yang akan take off) sudah berada di posisi NP2 sehingga membuat kedua pesawat dalam kondisi berhadapan (head on)," kata dia.

Pada akhirnya GA-649 diseret keluar dari jalur NP2 dan GA-264 melanjutkan untuk take off. "Sebagai tindak lanjut kejadian tersebut, saat ini sedang dilakukan investigasi terhadap kejadian ini," kata dia. (Singgih Wiryono)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dua Pesawat Garuda Indonesia Nyaris Tabrakan di Bandara Soekarno-Hatta",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×