kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,16   -5,20   -0.56%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pesawat Sriwijaya Air kini bisa beroperasi kembali


Kamis, 03 Oktober 2019 / 13:53 WIB
Pesawat Sriwijaya Air kini bisa beroperasi kembali
ILUSTRASI. Pesawat Sriwijaya Air berada di hanggar GMF AeroAsia


Sumber: Kompas.com | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Armada Sriwijaya Air dikabarkan tak layak terbang setelah Garuda Maintenence Facility (GMF) AeroAsia menghentikan layanan perawatannya. Penghentian layanan itu karena Sriwijaya Air dianggap tak mampu melunasi utang sebesar Rp 810 miliar.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk Ari Askhara mengatakan, saat ini GMF AeroAsia memutuskan untuk kembali memberikan pelayanan perawatan pesawat kepada Sriwijaya Air. “Kemarin kan memang kita stop layanan untuk maintenence-nya. Nah sekarang kita resume untuk kembali beroperasi,” ujar Ari di Jakarta, Kamis (10/3/2019).

Baca Juga: Grup Sriwijaya dan Garuda Indonesia, Akhirnya Melanjutkan Kerja Sama

Ari menyebut, pemberian layanan perawatan pesawat kepada Sriwijaya Air akan diberikan secara perlahan. Atas dasar itu, dia belum bisa memastikan seluruh armada Sriwijaya Air bisa kembali beroperasi.

“Kita harapkan dalam waktu dua bulan ke depan sudah normal seperti sebelumnya,” kata Ari.

Menurut dia, saat ini ada 18 pesawat Sriwijaya Air yang belum bisa beroperasi. Dalam waktu bertahap, pihak GMF AeroAsia akan memperbaiki pesawat-pesawat tersebut. “Sekarang yang sudah dioperasikan 12 (pesawat), bertahap kita akan tambah terus. Nanti kita update terus ke market,” ucap dia.

Sebelumnya, Direktur Operasi Sriwijaya Air Fadjar Semiarto merekomendasikan agar maskapai tersebut menghentikan operasionalnya untuk sementara waktu. Sebab saat ini, dia menilai pesawat yang dimiliki maskapai itu berpotensi menimbulkan bahaya jika tetap beroperasi.

“Kalau dibilang sangat membahayakan (tidak), (tapi) berpotensi (berbahaya) iya. Karena dari sisi pesawat yang dirawat dalam kondisi yang limited berpotensi terjadi hal-hal yang di luar yang kita perkirakan,” ujar Fadjar di Jakarta, Senin (30/9/2019).

Baca Juga: Dilanda Kasus, Saham Garuda Indonesia (GIAA) Terus Merosot

Fadjar menjelaskan, potensi bahaya muncul karena hazard identification and risk asessment (HIRA) operasional Sriwijaya Air menunjukan angka 4A. Artinya, jika ini tak segera dibenahi, maka operasional Sriwijaya Air bisa terganggu.

“Kalau kita tidak bisa perbaiki jadi kuning menurut safety menjadikan kami rawan dari hal-hal kondisi yang normal. Ini yang kami pikirkan,” kata Fadjar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Butuh Waktu Dua Bulan untuk Normalkan Operasional Sriwijaya Air

Penulis : Akhdi Martin Pratama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×