kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45740,21   -13,97   -1.85%
  • EMAS1.007.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN -0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Petugas ground handling mogok kerja, ini instruksi Garuda


Selasa, 31 Desember 2019 / 19:12 WIB
Petugas ground handling mogok kerja, ini instruksi Garuda
ILUSTRASI. Pesawat Garuda Indonesia di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, (28/4/2017). REUTERS/Darren Whiteside/File Photo

Sumber: Kompas.com | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Garuda Indonesia meminta kepada Gapura Angkasa membuka dialog dengan petugas ground handling Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang melakukan mogok kerja hari ini.  

Garuda ingin kedua pihak berseteru agar menyelesaikan permasalahan yang terjadi sehingga tidak menimbulkan persoalan yang berlarut-larut. 

Baca Juga: Turkish dapat kompensasi 737 MAX tak bisa terbang, maskapai Indonesia?

"Kami juga telah menginstruksikan kepada pihak Gapura Angkasa untuk terus mengedepankan ruang diskusi," ujar Direktur Operasi Garuda Indonesia, Tumpal M Hutapea dalam keterangan tertulisnya, Selasa (31/12). 

"Serta melakukan komunikasi intensif dengan sejumlah petugas ground handling yang melakukan aksi mogok tersebut agar permasalahan yang terjadi dapat mencapai kesepakatan bersama yang baik bagi semua pihak," sambung dia. 

Meski ada aksi mogok yang dilakukan sejumlah petugas ground handling PT Gapura Angkasa, Garuda memastikan layanan operasional Natal 2019 & Tahun Baru 2020 (Nataru) berjalan dengan normal. 

"Pada periode peak season Nataru ini kami telah mempersiapkan upaya antisipatif dan mitigasi operasional dalam menjamin kelancaran operasional Garuda Indonesia," lanjut dia. 

Baca Juga: Karyawan anak perusahaan Garuda Indonesia gelar aksi mogok kerja

Sementara itu, PT Gapura Angkasa membantah isu terkait pemutusan hak kerja (PHK) yang dilakukan terhadap 4 orang pekerja Operator Ground Support Equipment (GSO). 

Hal ini disampaikan oleh Coorporate Secretary PT Gapura Angkasa Agus Rosady melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Selasa (31/12). "Tidak ada tindakan PHK terhadap 4 orang tenaga alih daya tersebut sebagaimana berita sebelumnya," kata Agus. 

Sebelumnya, Wakil Presiden KSPI sekaligus Deputi Presiden Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Obon Tabroni mengungkapkan adanya persoalan PHK 4 petugas ground handling oleh Gapura Angkasa. 

Baca Juga: Jasa Armada (IPCM) proyeksikan raih laba bersih Rp 93 miliar di akhir tahun ini

Akibatnya muncul aksi mogok kerja para petugas ground handling di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. (Ade Miranti Karunia)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Petugas Ground Handling Mogok Kerja, Ini Instruksi Garuda"

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×