kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PGN dan PTPP jalin sinergi bangun 500.000 jaringan gas rumah tangga


Rabu, 02 Oktober 2019 / 09:33 WIB
PGN dan PTPP jalin sinergi bangun 500.000 jaringan gas rumah tangga
PGN kerjasama dengan PP bangun jaringan gas


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (PTPP) pada Senin (30/9) menandatangani Pokok-Pokok Perjanjian (Heads of Agreement) tentang kerja sama pembangunan 500.000 jaringan gas bumi (Jargas) rumah tangga.

Penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut dilakukan Gigih Prakoso, Direktur Utama PGN dan Lukman Hidayat, Direktur Utama Perseroan PT PP di Jakarta, Senin (30/9).

Baca Juga: Perusahaan Gas Negara (PGAS) Tunda Kenaikan Harga Gas Industri premium

Direktur Utama PGN Gigih Prakoso mengatakan, PGN sebagai subholding gas terus memperluas pemanfaatan gas bumi salah satunya dengan pembangunan jargas rumah tangga.

Melalui program sinergi BUMN membangun negeri, PGN dan PTPP akan membangun Jargas rumah tangga dalam dua fase. Fase pertama sebanyak 50.000 sambungan rumah tangga (SR) dan dilanjutkan fase kedua 450.000 SR.

“Penandatanganan kerjasama ini menjadi momentum bagi PGN dan PTPP, yang sudah memiliki rekam jejak panjang di industri infrastruktur, untuk terlibat lebih jauh memperkuat peran BUMN dalam mendorong percepatan pembangunan dan penguatan ekonomi nasional.

PGN sebagai pionir pemanfaatan gas berkomitmen untuk mendukung program pemerintah dalam mewujudkan kemandirian energi melalui optimalisasi pemanfaatan gas bumi di dalam negeri,” kata Gigih.

Baca Juga: Strategi Aneka Gas Industri (AGII) memoles kinerja hingga tutup tahun

Direktur PT PP Lukman Hidayat berharap kerja sama ini dapat memberikan manfaat yang maksimal untuk masyarakat di Indonesia. Lukman menilai, melalui pemanfaatan gas bumi, selain lebih efisien, kerja sama ini diharapkan akan tercipta sinergi usaha (business to business) sesama BUMN dengan prinsip yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

“Kerja sama ini akan memperhatikan ketentuan perundang-undangan yang berlaku dan sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance)," jelas Lukman.

Gigih menambahkan, Saat ini PGN telah menyalurkan gas bumi kepada 177.710 pelanggan rumah tangga di seluruh Indonesia melalui jaringan gas (jargas)  rumah tangga.

Pelanggan gas bumi PGN tersebar di berbagai wilayah mulai dari Jawa Barat,  Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta,  Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara dan Sorong, Papua Barat.

Baca Juga: Tak jadi 1 Oktober, PGN mundurkan jadwal kenaikan harga gas industri

“Ke depan PGN akan terus mengambil peran di depan dalam mendukung program pemerintah untuk mewujudkan target pembangunan jaringan gas bumi (jargas) untuk rumah tangga (SR) hingga 4,7 juta sambungan pada 2025. Ini juga menjadi bagian dari upaya mewujudkan bauran energi gas bumi hingga 22% di tahun 2025.” Tambah Gigih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×