kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PGN raih penghargaan tingkat Asia di bidang sumber daya manusia


Selasa, 27 Oktober 2020 / 14:02 WIB
PGN raih penghargaan tingkat Asia di bidang sumber daya manusia
ILUSTRASI. Petugas dari PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk mengangkat paket sembako


Reporter: Dimas Andi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) meraih penghargaan sebagai salah satu The Best Companies to Work For in Asia dalam ajang HR Asia Award yang diselenggarakan oleh HRASIA Media, salah satu media terpercaya di bidang HR Profesional di Asia.

Dalam ajang tersebut, perusahaan bersandi saham PGAS ini sukses menyisihkan ratusan perusahaan dari Indonesia dan 10 negara terkemuka di Asia yakni Hong Kong, Taiwan, Korea Selatan, Singapura, Thailand, China, Filipina, Malaysia, Vietnam, dan Kamboja.

PGN memenuhi kriteria dari metode survei Total Engagement Assessment Model (TEAM) dengan aspek Core (Collective Organization for Real Engagement), Self (Hearth, Mind, and Soul), dan Group (Think, Feel, and Do).

Baca Juga: Tingkatkan layanan gas bumi, PGN (PGAS) kembangkan berbagai aplikasi digital

Survei ini dilakukan dengan mengikutsertakan pekerja PGN mulai dari pekerja senior dengan masa kerja lebih dari 5 tahun dan pekerja junior yang kurang dari 5 tahun masa kerjanya.

Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum PGN Beni Syarif Hidayat mengatakan, keikutsertaan PGN pada ajang ini merupakan kesempatan untuk membandingkan tingkat keterikatan karyawan (employee engagement) dengan perusahaan lain di Indonesia dan Asia.

“Ini juga sekaligus meningkatkan employer branding PGN di tingkat Asia, khususnya dalam pengelolaan human capital,” ujar dia dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Selasa (27/10).

Beni mengungkapkan, tingkat employee engagement di PGN tahun 2020 memiliki nilai rata-rata sebesar 4,25 atau berada di atas rata-rata industri lainnya sebesar 3,63. Dengan nilai tersebut, PGN ditempatkan sebagai salah satu Best Companies to Work for in Asia beserta beberapa perusahaan lain di Indonesia.

Untuk penilaian dengan nilai tinggi, didapatkan dari sejumlah parameter yang dalam hal ini PGN telah memiliki kebijakan-kebijakan yang mendorong pekerja untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi.

“Selain itu, dari pekerja PGN sendiri, mereka memberikan kontribusi dan dedikasi terbaiknya terhadap perusahaan. Para pekerja juga bersedia saling membantu dalam melaksanakan pekerjaan,” jelas Beni.

Dia menambahkan, PGN memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi seluruh pekerja untuk meningkatkan kompetensinya melalui program-program pengembangan dan pelatihan, termasuk sertifikasi, pelatihan inhouse, public training, maupun berbagi pengetahuan.

PGN terus meningkatkan program pengembangan pekerja tersebut secara komprehensif dan konsisten, sehingga setiap pekerja PGN memiliki kompetensi dan dapat bekerja secara professional. Program tersebut muaranya akan memberikan dampak yang baik terhadap perkembangan bisnis perusahaan.

Di masa pandemi Covid-19 saat ini yang meminimalkan pertemuan langsung, PGN melaksanakan kegiatan manajemen pengetahuan berbasis online untuk mengasah pengetahuan seluruh pekerja PGN.

Program-program yang dilaksanakan antara lain Webminar Series, Gas Talk series, i-Know, KMOnline, Knowledge Credit Point, dan e-Library.

Pada level manajemen, PGN menyelenggarakan program STAR yaitu Executive Development Program (EDP) dan Management Development Program (MDP) bagi pekerja talent perusahaan, mulai dari level supervisor sampai manajer.

Program ini difokuskan untuk mempersiapkan pemimpin PGN dan meningkatkan kompetensi berupa kemampuan interpersonal, leadership, dan bisnis.

Penghargaan bergengsi di tingkat Asia ini juga merupakan proses dari transformasi yang saat ini sedang dilaksanakan oleh PGN Grup sebagai Subholding Gas.

Baca Juga: PGN: Kebijakan harga gas US$ 6 per MMBTU mulai brdampak pada pemulihan industri

“Dengan demikian, penghargaan ini dapat memacu PGN untuk senantiasa meningkatkan Total Employee Engagement dan kualitas SDM,” imbuh Beni.

SDM merupakan aset yang penting bagi PGN dalam mencapai visi misi dan tujuan perusahaan. PGN Grup berkomitmen untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan mendukung pekerja untuk mencapai potensi terbaik serta menciptakan kesejahteraan pekerja.

Secara berkelanjutan, PGN senantiasa meningkatkan kualitas SDM untuk mencapai potensi tertinggi dalam menopang peran perusahaan sebagai Subholding gas.

Semangat ini bertujuan menguatkan peran perusahaan dalam memberikan energi baik untuk kebaikan seluruh pekerja dan perusahaan, sehingga dapat berkontribusi dalam menguatkan sendi-sendi perekonomian nasional melalui pemanfaatan gas bumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×