kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PHE ONWJ pastikan koneksi relief well dengan sumur YYA-1 telah dilakukan


Senin, 23 September 2019 / 18:02 WIB
PHE ONWJ pastikan koneksi relief well dengan sumur YYA-1 telah dilakukan
ILUSTRASI. PENANGANAN TUMPAHAN MINYAK PHE ONWJ


Reporter: Filemon Agung | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Proses intersepsi Relief Well terkoneksi dengan Sumur YYA -1 oleh Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) telah berhasil dilakukan pada Sabtu (21/9) pukul 10.30 WIB. 

Relief Well merupakan proses mematikan sumur YYA-1 dengan pengeboran dari samping yang dilakukan dari Rig Soehanah yang berjarak 1 km dari sumur YYA-1.  Proses koneksi antar sumur ini lebih cepat dibandingkan estimasi jadwal waktu yang direncanakan yaitu pada akhir September 2019.  

Incident Commander Proyek YYA-1 Taufik Aditiyawarman bilang koneksi antar sumur ini adalah sebuah tahapan penting dalam upaya mematikan sumur YYA-1. “Dengan terkoneksinya dua sumur ini, maka saat ini kami dalam posisi telah dapat mengendalikan sumur YYA-1”.

Baca Juga: BPH Migas siapkan jaringan bistribusi untuk topang pasokan gas ke ibu kota baru

Lebih lanjut Taufik menambahkan, langkah selanjutnya adalah dilakukan proses “Dynamic Killing” yaitu memompa lumpur berat untuk melawan tekanan dalam sumur YYA-1, sehingga tercapai keseimbangan dan menyetop aliran minyak dan gas dari sumur tersebut. 

Kendati demikian, Taufik memastikan beberapa waktu ke depan masih merupakan masa kritikal. Oleh karenanya, akan tetap dilakukan monitoring untuk memastikan kestabilan sumur dan memastikan tidak ada fluida yang keluar dari sumur YYA-1.

Monitoring dilakukan melalui aerial survey, kamera thermal dan untuk di dalam laut menggunakan Remotedly Operated Vehicles (ROV). Bila kondisi dinyatakan stabil maka akan dilakukan tahap selanjutnya yaitu pemompaan semen untuk proses mematikan sumur YYA-1 secara permanen. 

Baca Juga: PHE ONWJ lakukan inovasi waring demi lindungi kawasan pesisir

“Kami berterima kasih terhadap semua support masyarakat dan stakeholders, sekaligus kami juga mohon doanya agar seluruh tahapan untuk mematikan sumur YYA-1 ini berjalan dengan baik sehingga kami dapat lebih fokus dalam penanganan dampak masyarakat, pemulihan lingkungan, dan penanganan Anjungan YYA serta Rig Ensco-67“ ujar Taufik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×