kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PHRI mengusulkan moratorium hotel lagi


Rabu, 23 November 2016 / 16:07 WIB
PHRI mengusulkan moratorium hotel lagi


Reporter: Wahyu Satriani | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia atau PHRI kembali mengajukan usul moratorium penambahan jumlah kamar dan pembangunan hotel di beberapa daerah. Sebab, industri perhotelan mengalami tantangan serius akibat kian tingginya pasokan hotel, sementara jumlah wisatawan masih terbatas.

Ketua Umum PHRI Hariyadi B. Sukamdani mengatakan, kondisi tersebut mengakibatkan tingkat hunian atau okupansi hotel menjadi terbatas. Industri hotel juga menjadi tidak sehat, karena berpotensi menimbulkan perang tarif. 

Selain itu, kondisi perbankan juga terancam terpengaruh. "Sebab, ekspansi pembangunan hotel menggunakan pinjaman perbankan. Apabila okupansi turun, bisa mempengaruhi pengembalian pinjaman," ujar Sukamdani kepada KONTAN, (22/11) 

Menurut dia, moratorium dilakukan minimal selama lima tahun. Pengendalian  terutama di daerah dengan tingkat okupansi hotel di bawah 60% per tahun.  "Seperti di Sleman, Yogyakarta, Badung, Bali dan Bandung, " kata Sukamdani. 

Direktur PT Ciputra Properti Tbk Artadinata Djangkar mengakui, okupansi hotel di Yogyakarta dan Bandung turun 5% dalam satu tahun terakhir. Kini, rata-rata tingkat okupansi di kedua daerah tersebut antara 60%-65%. 

Ciputra Development memiliki hotel di Yogyakarta, tepatnya di Jalan Sangaji.  Sedangkan di Bandung terletak di Jalan Pasir Kaliki. "Keduanya merupakan hotel bujet menggunakan nama Citradream," ujar Artadinata.

Perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode CTRP  itu  juga mengalami penurunan okupansi untuk sektor hotel bintang 5  premium. Penurunan terjadi di kawasan Jakarta dari 57% ke 52% dalam satu tahun terakhir. 

Selain akibat banyaknya pasokan, menurut dia, kelesuan aktivitas ekonomi juga mengakibatkan penurunan okupansi. Saat ini, hotel CTRP tersebar di Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Bandung dan Cirebon.

Menahan ekspansi

Lesunya industri perhotelan mengakibatkan sejumlah perusahaan menahan ekspansi. Artadinata mengaku, menunda pembangunan hotel di Jakarta.  Hotel tersebut rencananya merupakan hotel bintang 5 premium. "Kami akan menunda pembangunan sekitar satu hingga dua tahun. Saat ini kami masih melihat timing yang tepat," kata Artadinata. 

CTRP  memilih fokus mengembangkan produk lain seperti apartemen untuk mengejar pendapatan. Corporate Assistant Marcomm Manager Santika Hotels dan Resorts Hinggi Safaranti juga mengaku menahan ekspansi pembangunan hotel di Bali. "Di daerah seperti Yogyakarta dan Bandung kami tidak menahan, tapi lebih selektif berekspansi," ujar Hinggi kepada KONTAN. 

Santika yang merupakan Grup Kompas Gramedia, jadi masih terafiliasi KONTAN mengoperasikan empat unit hotel di Bandung,  yakni Amaris Cihampelas, Amaris Cimanuk, Amaris Setiabudi, dan Santika Bandung. Sedangkan di Bali ada jaringan Amaris, tiga hotel Santika bintang 3 dan hotel bintang 5 Anvaya Beach Resort Bali. "Di Yogyakarta dua unit Amaris dan dua Santika Premiere bintang 4," kata Hinggi.    

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×