kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PJB-Masdar mulai pembangunan PLTS Terapung Cirata 145 MW


Jumat, 18 Desember 2020 / 10:58 WIB
PJB-Masdar mulai pembangunan PLTS Terapung Cirata 145 MW


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT PLN (Persero) melalui anak perusahaannya, PT PJB bekerja sama dengan perusahaan dari Uni Emirat Arab, Masdar melaksanakan Project Kick – Off Ceremony 145 MWac Cirata Floating PV Project atau pembangunan pertama pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung terbesar se Asia Tenggara sekaligus terbesar ke dua di dunia, pada Kamis (17/12).

Direktur Mega Proyek PLN, Ikhsan Asaad menerangkan, nilai investasi proyek ini mencapai US$ 129 juta atau sekitar Rp 1,8 triliun. Nantinya PLTS Terapung Cirata akan dibangun dan dioperasikan oleh PT Pembangkitan Jawa Bali Masdar Solar Energy (PMSE).

Kata Ikhsan, kerjasama ini merupakan wujud dukungan penuh PLN kepada Pemerintah untuk memenuhi target energi baru terbarukan sebesar 23% di tahun 2025, sekaligus sejalan dengan Program Green Transformation PLN  yaitu pengembangan pembangkit-pembangkit EBT berskala besar.

Baca Juga: Begini usulan Aspermigas agar proyek strategis nasional hulu migas berjalan lancar

“Dengan dimulainya Kick-Off pengembangan PLTS Apung Cirata pada hari ini, kami berharap bahwa pelaksanaan proyek ini dapat berjalan dengan lancar dan beroperasi dengan andal serta efisien.” ungkap Ikhsan lewat keterangan tertulis, Kamis (17/12).

Dia menyampaikan, PLN berharap agar PLTS Cirata dapat meningkatkan porsi EBT dalam bauran energi nasional, karena merupakan PLTS Apung Terbesar di Asia Tenggara dengan kapasitas sebesar 145 Mega Watt AC.

CEO Masdar, Mohammad Jameel Al Ramahi menyampaikan, pihaknya berdedikasi untuk terus mendukung pengembangan solusi energi terbarukan yang inovatif di Asia Tenggara. "Kami melihat potensi yang luar biasa, mengingat pertumbuhan ekonomi kawasan yang pesat" ungkapnya.

Dirinya menambahkan Masdar akan terus mendukung transfer dan pertukaran pengetahuan di Indonesia, yang akan menjadi kunci untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

Baca Juga: Pada tahun 2030, bakal ada 2 juta unit mobil listrik dan 14 juta unit motor listrik

Project Kick – Off Ceremony 145 MWac Cirata Floating PV Project merupakan salah satu bagian dari acara Indonesia – PEA Week 2020 yang merupakan inisiatif dan kolaborasi antara Kedutaan Besar Republik Indonesia di Abu Dhabi dan didukung oleh Kedutaan Besar PEA di Jakarta.

Nantinya, hasil dari listrik yang dihasilkan PLTS Terapung Cirata akan masuk ke jaringan transmisi PLN yang akan dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

Selanjutnya: PLTA Lau Gunung resmi beroperasi layani 10.000 masyarakat Dairi dan Karo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×