kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Platform ecommerce Potensiana.com bisa ungkit komoditas unggulan daerah


Rabu, 24 Juli 2019 / 16:45 WIB

Platform ecommerce Potensiana.com bisa ungkit komoditas unggulan daerah

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Platform ecommerce Potensiana.com yang memiliki spesifikasi mewadahi daerah dalam mengenalkan potensi daerahnya, merupakan salah satu instrumen bagus untuk mengenalkan komoditas unggulan setiap daerah.

Pengamat telekomunikasi dan start up serta Executive Director Indonesia ICT Institute, Heru Sutadi menuturkan bahwa platform yang mewadahi komoditas asli Indonesia mampu merangkum semua daerah dengan teknologi AI yang dimiliki.

Baca Juga: Potensi daerah makin terkenal lewat Potensiana.com

"Platform ini yang merangkum semua daerah dengan teknologi AI-nya tanpa perlu "merepotkan" daerah isi konten daerah," kata Heru saat dihubungi Kontan.co.id, Rabu (24/7).

Namun ada tantangan yang harus di hadapi oleh Potensiana.com dalam hal mengajak daerah untuk bergabung, lantaran saat banyak daerah yang sudah memiliki situs website yang berisi apa yang ada di daerah.

Baca Juga: Cadangkan Penurunan Nilai Investasi di MatahariMall.com, Rugi MPPA Bisa Membengkak

"Ini mungkin tantangannya sebab daerah merasa sudah cukup memiliki website resmi daerah. Tinggal bagaimana mensosialisasikan daerah untuk gabung dan berpromosi," sambung Heru.

lebih lagi lantaran potensi yang bagus maka Heru menyebut jika akan lebih baik lagi jika Potensiana.com mampu masuk hingga ke desa-desa di setiap daerah. Perihal rencana Potesiana.com yang akan menyediakan fitur yang mempermudah para investor untuk menanamkan modal di daerah, dinilai Heru juga tepat.

Baca Juga: KINO persiapkan penetrasi segmen penjualan e-commerce

Apalagi saat ini banyak investor yang kebingungan mengenai apa yang bisa dikerjasamakan dengan daerah. Terlebih bagi mereka para investor asing.

"Investor sekarang masih suka bingung dan bertanya apa yang bisa dikerjasamakan dengan daerah, baik menjual produk daerah ke negeri investor maupun dukungan dana bagi pengembangan potensi daerah," jelas Heru.

Heru menyebut untuk melancarkan Potensiana.com yang akan membantu potensi daerah baik wisata dan produknya semakin dikenal, maka perlu adanya kerjasama dengan pemerintah daerah, organisasi daerah, maupun para pengrajin.

Baca Juga: Kian Ekspansif, Salestock Indonesia Ingin Gelar Fundraising Tahun Depan

"Perlu gandeng Pemda, organisasi seperti kadin daerah, koperasi maupun komunitas seperti pengrajin," tambah Heru.

Saat ini Potensiana.com sudah melakukan kerjasama dengan menggandeng Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI). Ke depannya untuk fitur investasi maka Potensiana.com akan menggandeng BKPM guna memudahkan para investor yang ingin menanamkan modal di daerah.


Reporter: Ratih Waseso

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0020 || diagnostic_api_kanan = 0.0024 || diagnostic_web = 0.8148

Close [X]
×