kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,15   3,55   0.36%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PLN akan mengekspor listrik sebesar 600 MW ke Malaysia


Rabu, 25 September 2019 / 19:49 WIB
PLN akan mengekspor listrik sebesar 600 MW ke Malaysia


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PLN akan mengekspor daya listrik sebesar 600 MW ke Semenanjung, Malaysia, hal ini ditandai dengan penandatanganan kontrak Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) potensi pengembangan ekspor/impor tenaga listrik dengan kapasitas 600 MW.

Ekspor dan impor listrik ini masuk dalam proyek interkoneksi dari Sumatera-Indonesia, hingga ke Semenanjung-Malaysia atau disebut dengan Interkoneksi Sumatera - Peninsular.

Baca Juga: PLN berangkatkan tim pemulihan kelistrikan ke Wamena

Hadir dari PLN Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN Wiluyo Kusdwiharto, dengan Tenaga Nasional Berhad (TNB) yang diwakili oleh Presiden Eksekutif TNB Amir Hamzah Bin Azizan.

Acara yang digelar di Bilik Kenyir, Kantor Pusat TNB, Kuala Lumpur, Malaysia (25/9) tersebut dihadiri juga oleh Chief Ventures Officer Dato’ Nor Azman Mufti, Chief Grid Officer Datuk Husaini Hussin, Chief Strategy & Regulatory Officer Datuk Fazlur Rahman Zainuddin, Head of Project Ventures Team En. Shaiful Bahri Hussain dan Setiausaha Syarikat TNB Norazni Md Isa.

PLN bersama TNB sepakat dalam menandatangani Nota Kesepahaman untuk selanjutnya bekerjasama dan berkolaborasi dalam melaksanakan Studi interkoneksi, dengan ruang lingkup yang mencakup beberapa hal.

Diantaranya tinjauan viabilitas Proyek, pemilihan teknologi dan desain, pemilihan jadwal yang realistis, memodelkan skema bisnis, financing, studi terkait isu legal dan peraturan, serta untuk melakukan penilaian terhadap risiko terkait proyek.

Baca Juga: PLTU Suralaya Unit 9 & 10 mulai konstruksi tahun depan

Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN Wiluyo Kusdwiharto mengemukakan bahwa PLN menyambut positif proyek kerjasama dengan TNB ini. “PLN menyambut minat baik TNB dalam pembelian daya energi listrik sebesar 600MW mulai tahun yang diharapkan terealisasi pada 2028,"  papar Wiluyo dalam siaran pers hari ini.

Dalam kerja sama interkoneksi ini kedepannya dimungkinkan juga untuk membentuk badan usaha bersama (joint venture corporation) yang ditunjuk oleh PLN bersama TNB sebagai pengembang dan atau pengendali proyek interkoneksi, serta pengelola aset tersebut, mulai dari konverter, transmisi HVDC, dan Submarine Cable HVDC.

Lebih lanjut Wiluyo menjelaskan bahwa kerjasama ini memberi benefit bukan hanya dari sisi ekonomi, namun juga keandalan sistem, karena berdasarkan data, terdapat perbedaan waktu beban puncak antara sistem sumatera dan sistem Peninsular.

Beban puncak sistem Sumatera terjadi pada pukul 18.00-21.00 WIB sementara beban puncak pada sistem Peninsular terjadi sekitar pukul 08.00 - 16.00 WIB sehingga dengan terjalinnya interkoneksi tentunya dapat mengoptimalkan nilai ke-ekonomisan bagi kedua sistem, adapun pada tahun 2028 dengan transfer daya 600 MW ke TNB maka Reserve Margin atau cadangan Sistem Sumatera adalah sebesar 33.3%.

Baca Juga: Pemerintah Rancang Strategi Memasok Kebutuhan Energi di Ibu Kota Baru

“Kerjasama dalam proyek interkoneksi Sumatera-Peninsular ini dapat memberikan benefit bagi kedua belah pihak, baik dari sisi ekonomi juga keandalan sistem. Diharapkan juga proyek interkoneksi Sumatera-Peninsular ini dapat berperan sebagai penghubung bagi kedua sistem sebagai langkah maju menuju terbentuknya ASEAN Power Grid di masa yang akan datang," kata Wiluyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag


TERBARU

[X]
×