kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

PLN Jakarta gratiskan penggantian kWh meter rusak akibat banjir


Rabu, 08 Januari 2020 / 20:07 WIB
PLN Jakarta gratiskan penggantian kWh meter rusak akibat banjir
ILUSTRASI. Kegiatan Operasional PLN UID Jakarta Raya.

Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pekan lalu sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitarnya dilanda banjir dengan ketinggian lebih dari 1,5 meter di beberapa titik lokasi genangan air.

Kondisi tersebut membuat banyak kWh meter pelanggan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) terendam banjir. Selain itu pelanggan juga belum bisa mendapatkan akses listrik kendati PLN sudah menyalakan kembali listrik di gardu distribusi.

Terkait hal tersebut, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya M. Ikhsan Asaad mengatakan, PLN akan melayani penggantian kWh meter tanpa pungutan biaya alias gratis. PLN UID Jakarta Raya pun telah mendata sekitar 8.403 pelanggan yang kWh meternya perlu diganti.

Baca Juga: PLN gandeng Masdar garap PLTS terapung pertama di Indonesia

"Saat ini proses penggantian kWh meter telah dilakukan ke 1.808 pelanggan atau sekitar 21,5%," ungkap Ikhsan dalam siaran pers yang diterima Kontan, Rabu (8/1).

Ia mengimbau, untuk pelanggan yang merasa kWh meternya rusak bisa juga memberikan informasi melalui contact center PLN 123.

Lebih lanjut, Ikhsan mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati terhadap oknum yang memanfaatkan kondisi ini dengan memungut biaya penggantian kWh meter.

Baca Juga: Lewat situs ini, pemadaman listrik karena banjir di Jakarta bisa terpantau

Petugas PLN nantinya akan melakukan inspeksi dan pendataan kepada pelanggan yang kWh meternya terendam banjir sebelum dilakukan penggantian secara bertahap. Masyarakat yang rumahnya sempat terendam banjir juga diimbau untuk memeriksa lagi instalasi listriknya dan pastikan telah menggunakan instalasi resmi yang sudah terdaftar.

Sebelumnya, PLN UID Jakarta Raya telah melakukan pencegahan bahaya listrik saat banjir dengan cara memadamkan gardu distribusi yang memasok listrik ke rumah-rumah pelanggan terdampak banjir.

Per hari ini, tepatnya pukul 16.30 WIB, PLN dipastikan telah menormalkan kembali seluruh gardu distribusi yang terdampak banjir.

"Dua gardu terakhir yang dinormalkan berada di daerah Semanan Jakarta Barat yang memang banjirnya baru surut hari ini," pungkas Ikhsan.




TERBARU

Close [X]
×