kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45967,72   22,97   2.43%
  • EMAS923.000 0,65%
  • RD.SAHAM -0.87%
  • RD.CAMPURAN -0.36%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.50%

PLN Jakarta Raya meresmikan PLTS Sebira di Kepulauan Seribu


Rabu, 25 November 2020 / 19:36 WIB
PLN Jakarta Raya meresmikan PLTS Sebira di Kepulauan Seribu
ILUSTRASI. Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Pulau Sebira, Kepulauan Seribu yang dibangun PLN UID Jakarta Raya.

Reporter: Dimas Andi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Unit Induk Distribusi Jakarta Raya dan Pemprov DKI Jakarta meresmikan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) Pulau Sebira, Kepulauan Seribu, secara virtual di Ruang Pola, Balaikota pada Rabu (25/11).

General Manager PLN UID Jaya Doddy B. Pangaribuan menyebut, PLTS Sebira dapat meningkatkan pemanfaatan green energy dari energi baru terbarukan (EBT) untuk kelistrikan di Indonesia. Target PLN untuk peningkatan pemanfaatan EBT hingga tahun 2025 adalah sebesar 23%.

Secara regional, PLTS ini juga bisa menjadi daya cadangan untuk pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) yang sudah ada dan menghemat pengeluaran biaya bahan bakar yang sudah ada. Hal ini sejalan dengan transformasi PLN melalui inisiatif strategisnya, yaitu green dan lean.

“Ini merupakan PLTS hybrid terbesar di Provinsi DKI Jakarta dan juga bisa digunakan untuk mem-back-up PLTD, sehingga ini akan menurunkan biaya operasi, karena bahan bakar saja bisa sampai Rp 3 miliar. Dengan PLTS ini mungkin hanya akan menghabiskan Rp 1 miliar saja,” ungkap Doddy dalam siaran pers, Rabu (25/11).

Baca Juga: Ini usulan PLN perihal pembahasan RUU EBT

Sebelumnya, Doddy mengatakan bahwa proses konstruksi pembangkit yang menggunakan fotovoltaik atau panel surya ini telah dilakukan sejak awal Maret 2020. PLTS hybrid PLN di Pulau Sebira berkapasitas daya sebesar 400 kilo Watt peak (kWp) dan diproyeksikan dapat menghasilkan energi sebesar 1.200 kWh per hari. PLTS ini dilengkapi baterai penyimpan energi, sehingga energi listrik yang dihasilkan juga dapat digunakan pada malam hari.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan yang meresmikan PLTS Pulau Sebira secara virtual mengatakan, PLTS ini merupakan sebuah kado untuk Kepulauan Seribu yang baru saja berulang tahun ke-19. Anies menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kerja sama serta konsistensi program antara Pemprov DKI Jakarta dengan PLN untuk mengerjakan PLTS Pulau Sebira.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas perjanjian kerja sama antara Pemprov DKI dengan PLN. Alhamdulillah ini merupakan hari yang membahagiakan. Pulau Sebira dengan 600 keluarga ini akan memiliki listrik bukan hanya aman tetapi juga ramah lingkungan. Ini adalah kado ulang tahun Kepulauan Seribu yang dirayakan dengan peresmian PLTS,” ucap Anies.

Baca Juga: Pada Januari 2021, PLN akan lelang proyek konversi 5.200 PLTD ke EBT

Dalam kegiatan yang sama, PLN memberikan penghargaan kepada Gubernur DKI Jakarta atas dukungan dan kerja samanya dalam kegiatan strategis ketenagalistrikan nasional yang diselenggarakan PLN. Penghargaan ini diberikan kepada stakeholder terpilih dalam rangka Peringatan Hari Listrik Nasional (HLN) ke-75.

Selain membangun PLTS di Pulau Sebira, PLN UID Jakarta Raya juga telah memberikan bantuan CSR berupa elektrifikasi yang ditandai dengan pemasangan kWh meter baru sehingga warga Pulau Sebira menjadi pelanggan PLN dan bantuan berupa rumpon, yaitu salah satu jenis alat bantu penangkapan ikan yang dipasang di laut.

Doddy berharap dengan kelistrikan yang lebih andal, masyarakat dapat hidup lebih nyaman, produktivitas meningkat, serta perekonomian masyarakat juga bisa ikut terangkat.

Baca Juga: Kurangi emisi gas rumah kaca, PLTD bakal dikoversi ke gas

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×