kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

PLN juga siapkan stasiun pengisian baterai kendaraan listrik di rumah


Rabu, 16 Oktober 2019 / 21:53 WIB

PLN juga siapkan stasiun pengisian baterai kendaraan listrik di rumah
Grab dan PLN Lakukan Pendatanganan MOU Kerja Sama Percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai dihadapan Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia dan mitra strategis PLN lainnya.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan memfokuskan tempat pengisian baterai kendaraan listrik di rumah-rumah. Adapun hal tersebut diupayakan dengan program diskon yang ditawarkan PLN melalui diskon 30%. 

Plt. Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani menyebutkan, pihaknya menargetkan SPKLU di rumah, yakni line charging. "Ini kami sudah beri diskon dari jam 10 malam hingga 4 pagi sebesar 30%," ujarnya di Jakarta, Rabu (16/10).

Baca Juga: Begini strategi PGN (PGAS) untuk mengembangkan industri gas domestik

Pihaknya juga tak mengkhawatirkan terkait kapasitas listrik di rumah-rumah. Hal tersebut lantaran dengan daya 1.300 watt sudah mampu untuk mengisi daya listrik roda dua.

Selain itu, ia menyebutkan pihaknya juga telah berupaya memberikan kemudahan apabila tiap rumah hendak meningkatkan kapasitas daya listriknya.

Selain fokus PLN sendiri atas pengisian daya baterai di rumah, pihaknya juga tengah menggenjot pengadaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Namun, ia mengakui bahwa saat ini memang baru pengisian daya pada roda dua lantaran untuk pengisian daya roda empat masih dalam proses.

"Untuk roda empat masih proses, kalau untuk roda dua sudah Gesits dan Viar," terangnya.

Baca Juga: Pemerintah dorong penyediaan stasiun pengisian kendaraan listrik umum

Dari sana, Inten bilang, untuk mobil sendiri direncanakan akan launching di 10 titik pada Hari Listrik Nasional (HNL). Adapun beberapa titik berlokasi di Jakarta, Bandung, Banten, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, dan Medan.

Sedangkan, untuk SPKLU yang sudah ada saat ini adalah tipe low. Ia mengatakan PLN telah memiliki sekitar 2.000 tempat pengisian baterai kendaraan bermotor yang tersebar di seluruh Indonesia.


Reporter: Sugeng Adji Soenarso
Editor: Noverius Laoli
Video Pilihan


Close [X]
×