kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PLN meresmikan kapal angkutan batubara


Rabu, 02 Oktober 2019 / 17:04 WIB
PLN meresmikan kapal angkutan batubara
ILUSTRASI. PLN luncurkan kapal pengangkut batubara


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Anak Perusahaan PLN, PT Pelayaran Bahtera Adhiguna (BAG) meresmikan KM Malahayati Baruna, untuk mengamankan pasokan batu bara di wilayah Sumatera.

KM Malahayati Baruna merupakan kapal milik BAG ke 10 dengan kapasitas angkutan 56.000 DWT yang akan dioperasikan langsung, khusus memenuhi kebutuhan angkutan batubara di seluruh PLTU Sumatera. Untuk 2019, diperkirakan jumlah tonase angkutan mencapai satu juta metric ton.

Baca Juga: PLN unit Sulawesi teken pernjanjian jual-beli listrik dengan Ceria Nugraha Indotama

Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani mengatakan kapal yang ini diprioritaskan mengangkut batu bara untuk PLTU di seluruh Sumatera. Namun tidak menutup kemungkinan bisa melayani pengangkutan untuk daerah lainnya.

"Dengan kepemilikan kapal ini, BAG akan memberikan kontribusi efisiensi biaya hingga 10%, kami yakin hal ini bisa berimbas kepada penurunan biaya pokok produksi dengan tetap memberikan pelayanan terbaik" Ungkap Sripeni Inten Cahyani dalam siaran pers hari ini.

Sebagai satu-satunya anak perusahaan yang didirikan untuk pengamanan kebutuhan sarana pengangkutan bahan baku energi primer yang diperlukan PLN dalam menyediakan tenaga listrik bagi kepentingan umum, PT BAG sampai saat ini berkomitmen penuh dalam usaha jasa transportasi laut batu bara dan gas untuk mengamankan pasokan batu bara bagi pembangkit/PLTU milik PLN

PT BAG memang selalu menamakan armada kapal miliknya dengan nama Pahlawan Wanita Indonesia, tak heran kali ini Pahlawan Wanita Aceh Malahayati lah yang diambil oleh manajemen sejalan dengan harapan manajemen untuk tetap tangguh dalam memberikan layanan paripurna.

Dengan bermodalkan jenis armada kapal Panamax, Supramax, Handymax dan Tug Set serta jaringan mitra KSO (kerjasama operasi) yang luas, saat ini PT BAg memiliki armada kapal lebih dari 60 kapal angkut dengan kemampuan total tonase tahun ini sebesar 22 juta metric ton.

Baca Juga: Pemerintah kejar bauran energi baru terbarukan (EBT) sebesar 23%

Rute angkutan yang dilanyani saat ini 50 rute angkutan dari pelabuhan muat ke PLTU di seluruh nusantara dan akan semakin bertambah seiring pembangunan peningkatan listrik Indonesia.

 Plt Direktur Utama PT Pelayaran Bahtera Adhiguna, Ruly Firmansyah mengungkapkan bahwa ditahun 2019 ini merupakan titik awal perusahaan bertransformasi menjadi perusahaan yang tidak hanya melayani kebutuhan transportasi batubara saja namun menjadi perusahaan Integrated Service for Securing Supply Sustainability, yang diutamakan menunjang operasional pembangkitan tenaga listrik.

Sejalan hal ini disebutkan pula oleh Ruly, pengembangan bisnis yang sedang digarap oleh PT BAg diantaranya layanan Waterway Dredging solusi layanan untuk pemeliharaan alur dermaga, Layanan Backhaul Cargo sebagai optimasiliasi kapasitas muatan perjalanan balik dengan target barang angkutan MTU (material transmisi utama) dan MDU (material distribusi utama) serta layanan Jetty Management. Ditargetkan Inovasi dan penambahan lini bisnis ini bisa mencapai  pertumbuhan perusahaan sebesar 20%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×