kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45948,45   -4,35   -0.46%
  • EMAS1.014.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

PLN resmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Jawa Timur


Minggu, 01 Maret 2020 / 22:06 WIB
PLN resmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Jawa Timur
ILUSTRASI. Pengemudi didampingi pengawas dari PLN mengisi daya listrik kendaraan di stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) Mall AEON, Tangerang, Banten, Rabu (29/1). PLN menyiapkan sarana pendukung untuk pengembangan kendaraan listrik melalui penambahan fa


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyiapkan sarana pendukung untuk pengembangan kendaraan listrik, khususnya melalui penambahan fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Perusahaan listrik plat merah itu pun resmi meluncurkan SPKLU pertama di daerah Jawa Timur.

General Manager PLN UID Jatim Bob Saril menyampaikan, SPKLU ini menjadi bagian dari komitmen PLN untuk mendukung implementasi Perpres No 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Baca Juga: Revisi UU Minerba, DPR-pemerintah rampungkan pembahasan Daftar Investaris Masalah

"Ini adalah upaya PLN untuk memanfaatkan listrik dalam kegiatan sehari-hari dan mendorong industri yang bersifat low cost, sehingga kendaraan listrik akan semakin banyak penggunaannya," kata Bob dalam keterangan tertulisnya, Minggu (1/3).

Adapun, SPKLU tersebut berlokasi di Kantor PLN ULP (Unit Pelayanan Pelanggan) Embong Wungu, Jalan Dr. Soetomo No 42, Surabaya. SPKLU pertama di Jatim tersebut diresmikan pada Sabtu (29/2).

Bob menjelaskan, SPKLU tersebut untuk medium charging menengah, artinya tidak terlalu cepat tidak terlalu lambat. SPKLU ini dipasang untuk pemilik-pemilik kendaraan listrik yang ada di Surabaya yang nantinya dapat digunakan sehari-hari.

Bob bilang, PLN akan terus mendukung program pemerintah dalam upaya mengurangi polusi yang dihasilkan dari kendaraan BBM. Salah satunya melalui penyediaan SPKLU sesuai dengan tingkat demand per lokasi di Indonesia. "Hal ini juga sebagai komitmen mendukung electrifying lifestyle untuk diterapkan di Tanah Air," sambungnya.

Baca Juga: Batubara kian dimusuhi, bank lokal tetap terbuka terhadap pembiayaan PLTU

Sebagai informasi, peresmian SPKLU ini merupakan rangkaian dari kegiatan konvoi kendaraan listrik diantaranya 1 Mobil Tesla, 1 Mobil Alap - Alap karya ITS, 50 motor Gesits & 20 Migo sekaligus uji coba pengisian daya mobil listrik Tesla sebagai tanda diresmikannya SPKLU tersebut. Wakil Rektor IV ITS Bambang Pramujati pun menyambut baik penyediaan SPKLU di Surabaya ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×