kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PLN sambung listrik gratis 36 madrasah di Jawa Barat dan Jawa Tengah


Jumat, 10 Juli 2020 / 16:22 WIB
PLN sambung listrik gratis 36 madrasah di Jawa Barat dan Jawa Tengah
ILUSTRASI. PLN memberi bantuan sambungan listrik gratis untuk 33 madrasah di Jawa Barat dan 3 madrasah di Jawa Tengah.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memberikan bantuan sambungan listrik gratis kepada 33 madrasah yang tersebar di Jawa Barat dan 3 madrasah di Jawa tengah. Hal itu merupakan sinergi bersama Yayasan Baitul Mal (YBM) untuk ikut memberikan dukungan di bidang pendidikan.

Khusus di Jawa Barat, secara simbolis penyalaan dilakukan langsung oleh General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat (UID Jabar), Agung Nugraha, di Madrasah Tahfidz Quran, Majalaya, Jumat (10/7).

“Setelah medapatkan data dari Kementerian Agama, kami bergerak melakukan sampling survei ke madrasah yang ada di Jawa Barat dan kemudian kami lakukan penyambungan listrik," tutur Agung lewat keterangan tertulis, Jum'at (10/7).

Baca Juga: Investigasi PLN, Kemenko Marves dan BSSN bakal kunjungi rumah pelanggan pekan ini

Data Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) menunjukkan belasan ribu madrasah belum teraliri listrik dan belum memiliki akses internet. Daerah dengan madrasah tak berlistrik salah satunya adalah di wilayah Jawa Barat sebanyak 2.522 madrasah.

Agung mengungkapkan, dari PLN langsung melakukan sampling survei ke Madrasah di wilayah Jawa Barat setelah menerima data dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag. Dari hasil sampling yang dilakukan terhadap 146 madrasah yang terdapat dalam data, sebanyak 113 madrasah sudah berlistrik.

Sementara 33 madrasah yang belum berlistrik, karena bangunan madrasah masih baru atau tidak memiliki meter sendiri sehingga menumpang ke listrik tetangga (levering). “Setelah mengetahui data madrasah belum berlistrik ini, kami melalui Yayasan Baitul Mal PLN yang merupakan badan yang menerima zakat, infak, sodakoh dari pendapatan karyawan PLN setiap bulan, memberikan bantuan penyambungan listrik ke madrasah,” tambah Agung.

Sedangkan untuk di Jawa Tengah,  bantuan sambungan listrik sinergi PLN dengan YBM PLN dilakukan di Tulung, Purbalingga dan Banyumas.

Baca Juga: PLN tingkatkan layanan premium untuk industri di Kalimantan Barat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×