kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Polling 110 tokoh sawit Indonesia, ini nama-nama yang muncul


Minggu, 14 November 2021 / 19:02 WIB
Polling 110 tokoh sawit Indonesia, ini nama-nama yang muncul
ILUSTRASI. Polling 110 tokoh sawit Indonesia, ini nama-nama yang muncul


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Perjalanan industri kelapa sawit di Indonesia telah melewati rentang waktu 110 tahun. Kelapa sawit yang semula dijadikan tanaman hias sekarang menjadi tanaman penghasil minyak nabati utama untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Untuk menyambut perjalanan 110 Tahun Kelapa Sawit, Majalah Sawit Indonesia akan meluncurkan 110 Tokoh Sawit Indonesia yang berperan dan berkontribusi dalam pembangunan kelapa sawit di Indonesia. 

Pemimpin Redaksi Majalah Sawit Indonesia, Qayuum Amri, menjelaskan bahwa peluncuran 110 Tokoh Sawit Indonesia ini baru pertama kali diadakan sepanjang perjalanan industri sawit di tanah air. 

Peluncuran 110 Tokoh Sawit bertujuan memberikan penghargaan atas dedikasi berbagai pihak untuk menjadikan kelapa sawit sebagai komoditas strategis dan andalan Indonesia. Proses pemilihan tokoh ini melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) dan masyarakat. Jadi, nama-nama para tokoh ini bukan dipilih langsung oleh panitia.

Baca Juga: Harga CPO akan tentukan kinerja Sinar Mas Agro (SMAR) di masa mendatang

“Kami melibatkan masyarakat dan pemangku kepentingan untuk terlibat pemilihan kandidat 110 Tokoh Sawit. Dengan cara ini, hasil polling yang diperoleh akan lebih kredibel dan partisipatif. Sebab, semua pihak terlibat dalam polling, bukan sebatas subjektif pilihan kami (Majalah Sawit Indonesia),” ujar Qayuum dalam keterangan tertulis Minggu (14/11).

Kegiatan polling online ini telah menjangkau responden di 22 provinsi sentra kelapa sawit. Dari data sementara, sudah ada 1.900 responden mengisi polling. Polling telah berlangsung semenjak 31 Oktober yang akan berakhir 15 November 2021. Nantinya, hasil pilihan responden tersebut akan diverifikasi oleh panitia untuk selanjutnya menjadi bahan masukan Tim Penilai. 

Berdasarkan data polling, banyak nama pilihan responden yang berasal dari kalangan pelaku usaha dan praktisi kelapa sawit. Adapula yang mengusulkan Presiden Joko Widodo dan beberapa nama jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju seperti Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Luhut Panjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

“Dari data yang masuk, memang ada nama Presiden Joko Widodo. Argumen responden hampir sama. Presiden Jokowi dinilai punya kebijakan bagus di sektor perkelapasawitan  seperti Peremajaan Sawit Rakyat, mandatori B30, dan peningkatan industri hilir,” ujar Qayuum yang telah mengikuti pelatihan jurnalistik di Wee  Kim Wee School of Communication and Information, Nanyang Technological University.

Baca Juga: Kinerja Dharma Satya Nusantara (DSNG) terangkat kenaikan harga CPO

Sejumlah pengusaha sawit yang diusulkan masuk jajaran tokoh yaitu Martua Sitorus, Bachtiar Karim, Franky Oesman Widjaja, dan TP Rachmat. Adapula nama lainnya seperti Derom Bangun, Soedjai Kartasasmita, Sahat Sinaga, Bungaran Saragih, Joko Supriyono, Achmad Manggabarani, Subagjo, Dwi Asmono sampai kalangan petani Gulat Manurung. 

”Sekarang ini, panitia sudah mulai mengolah usulan nama tokoh yang masuk polling. Pastinya akan banyak kejutan dalam pemilihan 110 Tokoh Sawit,” urai Qayuum.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×