kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Polri Buka Opsi One Way di KM 414 hingga Km 47 untuk Urai Kemacetan GT Cikatama


Senin, 15 April 2024 / 06:50 WIB
Polri Buka Opsi One Way di KM 414 hingga Km 47 untuk Urai Kemacetan GT Cikatama
ILUSTRASI. Sejumlah kendaraan antre saat memasuki gerbang Tol Cikampek Utama menuju arah Tol Cipali di Karawang, Jawa Barat, Minggu (7/4/2024). Menurut data Jasa Marga sejak H-7 hingga H-4 lebaran sebanyak 462.710 unit kendaraan melintas meninggalkan Jabodetabek melalui Gerbang Tol Cikampek Utama dan terjadi peningkatan 94,83 persen dari lalu lintas normal. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/nym.


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - KARAWANG. Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri membuka opsi memperpanjang area penerapan skema one way atau satu arah jika volume kendaraan yang melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama) sudah melebihi kapasitas.

Skema one way arah Jakarta yang awalnya diterapkan dari Km 414 Tol Kalikangkung hingga Km 72 Tol Cipali, akan diperpanjang hingga Km 47 Tol Cikampek.

Namun, ini adalah opsi terakhir jika ruas jalan tol sudah tidak bisa lagi menampung kendaraan yang hendak balik dari mudik Lebaran.

Baca Juga: Ini Titik Rawan Kepadatan Saat Arus Balik Lebaran 2024

"Apabila arus lalu lintas dari timur ini sudah tidak bisa menampung artinya kapasitas jalannya sudah tidak bisa menampung, ini akan ada diskresi yang lebih dari itu, sampai kepada one way dari 70 sampai dengan 47 nantinya. Ini opsi terakhir," ungkap Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan di Km 29 Tol Jakarta Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Minggu (14/4/2024).

Aan mengungkapkan kepadatan kendaraan dari arah timur Pulau Jawa mulai terlihat sejak pukul 18.00 WIB tadi. Kendaraan dari arah Jawa bagian timur melintas memenuhi area Gerbang Tol Cikatama untuk menuju arah barat atau masuk ke Tol Jakarta Cikampek.

Aan menyebut, kepadatan terjadi karena meningkatnya volume kendaraan yang melintas Tol Transjawa. Kemudian, banyak kendaraan yang masuk dari Tol Cipularang ke Tol Jakarta Cikampek.

Titik pertemuan ini ada di Km 66. Selain itu, ada juga kendaraan yang mogok atau parkir di bahu jalan tol sehingga menambah kepadatan jalan.

"Banyaknya kendaraan yang parkir di bahu jalan, terutama menjelang 62, setelah 62 ini juga mengakibatkan perlambatan ketika keluar dari Gerbang Tol Cikatama," tambah dia.

Selain membuka opsi perpanjangan area one way, Korlantas juga menambah Tim Urai untuk menyisir kendaraan yang mogok atau berhenti di bahu jalan.

Selanjutnya, Korlantas telah membuka contraflow sebanyak tiga lajur dari Km 66 sampai Km 47. "Kemudian diperpanjang lagi sampai (Km) 36 satu lajur," ucap dia.

Baca Juga: Pemudik Diharapkan Tunda Kepulangan, Manfaatkan Diskon Tarif Tol 17-19 April

Korlantas juga membuka Tol Fungsional Jakarta Cikampek Selatan untuk mengurangi beban arus lalu lintas di Km 66.

"Kemudian kita juga mengurangi di Cikamuning arah dari Bandung karena saya lihat dari Cileunyi ini masih cukup banyak juga arus lalu lintas yang akan ke arah Jakarta," tambah dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Urai Macet di GT Cikatama, Korlantas Buka Opsi "One Way" di Km 414 hingga Km 47"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×