kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,33   -9,49   -1.05%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Titik Rawan Kepadatan Saat Arus Balik Lebaran 2024


Senin, 15 April 2024 / 06:34 WIB
Ini Titik Rawan Kepadatan Saat Arus Balik Lebaran 2024
ILUSTRASI. Sejumlah kendaraan antre saat memasuki gerbang Tol Cikampek Utama menuju arah Tol Cipali di Karawang, Jawa Barat, Minggu (7/4/2024). Menurut data Jasa Marga sejak H-7 hingga H-4 lebaran sebanyak 462.710 unit kendaraan melintas meninggalkan Jabodetabek melalui Gerbang Tol Cikampek Utama dan terjadi peningkatan 94,83 persen dari lalu lintas normal. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/nym.


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Aan Suhanan mengungkapkan beberapa titik rawan kepadatan selama masa arus balik Lebaran 2024.

Menurut Aan, titik rawan macet di area jalan tol biasanya terjadi di sekitar rest area. Salah satunya adalah rest area di ruas Km 456 Tol Transjawa.

"Di Semarang itu, di tol ada di Km 456 rest area di situ memang kapasitasnya kecil. Di situ dan tadi pagi, kemarin di rest area itu lah sumbernya sehingga kita melakukan one way lokal," kata Aan di Km 29 Tol Jakarta Cikampek, Jawa Barat, Minggu (14/4/2024).

Baca Juga: Antisipasi Puncak Arus Balik, Jumlah Kapal Penyeberangan Sumatera ke Jawa Ditambah

"Di rest area lain juga masih sama di tol masih menjadi titik perlambatan," ujarnya lagi.

Selain itu, Aan juga mencatat titik potensi rawan macet yang ada di sejumlah jalur arteri. Di Jawa Tengah, salah satu titik rawan macet ada di wilayah Pejagan dan Banyumas.

"Di arteri kita bicara arteri tengah dulu Jawa Tengah, Pejagan, Banyumas Pejagan masih menjadi titik rawan macet di situ ya," kata Aan.

Di Jawa Barat, titik yang rawan macet ada di sekitar Nagreg, Bandung; jalur Gentong, Tasikmalaya; hingga Malangbong dan Limbangan, Garut.

Menurut Aan, masa arus balik ini, Korlantas turut melakukan beberapa kali skema rekayasa lalu lintas di area tersebut.

"Kemarin itu, hampir 70 kali pelaksanaan one way di Gentong di Limbangan, Pasar Leuweung, itu sehingga ada antrian sekitar 2,5 jam ini mohon maaf kepada masyarakat," ujar Aan.

Baca Juga: Pemudik Diharapkan Tunda Kepulangan, Manfaatkan Diskon Tarif Tol 17-19 April

"Kita mengatur ini, bergantian karena ada aktifitas juga dari arah barat sehingga harus kita atur bergantian ya. Tiga, satu. Tiga dari timur satu dari barat sehingga harus menunggu antrian itu," katanya lagi.

Aan lantas menyorot masalah kemacetan di area jalan arteri ini lantaran jalan yang sempit dan mulai normalnya aktivitas perekonomian seperti pasar.

"Kemudian di Pantura, Cirebon, ini juga masih lancar laporan, dari pantauan CCTV juga, di Jawa Tengah, Jawa Barat di selatan," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kakorlantas Ungkap Titik Rawan Kepadatan Saat Arus Balik Lebaran 2024"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×