kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.894.000   23.000   1,23%
  • USD/IDR 16.424   4,00   0,02%
  • IDX 7.156   61,65   0,87%
  • KOMPAS100 1.042   11,99   1,16%
  • LQ45 813   10,32   1,29%
  • ISSI 224   1,28   0,58%
  • IDX30 424   4,95   1,18%
  • IDXHIDIV20 505   2,98   0,59%
  • IDX80 117   1,42   1,22%
  • IDXV30 119   0,29   0,25%
  • IDXQ30 139   1,52   1,11%

Promo Ongkir Dibatasi, Lion Parcel Fokus Tingkatkan Layanan dan Digitalisasi


Rabu, 21 Mei 2025 / 06:55 WIB
Promo Ongkir Dibatasi, Lion Parcel Fokus Tingkatkan Layanan dan Digitalisasi
ILUSTRASI. Penyemprotan disinfektan pada distribusi paket Lion Parcel.


Reporter: Leni Wandira | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah resmi membatasi promo diskon ongkos kirim (ongkir) di platform e-commerce maksimal tiga kali dalam sebulan.

Kebijakan ini tertuang dalam peraturan yang diterbitkan Menteri Komunikasi dan Digital (Komdigi), Meutya Hafid, pada Jumat (16/5/2025).

Langkah ini bertujuan menciptakan iklim persaingan usaha yang sehat di tengah masifnya perkembangan e-commerce dan ekonomi digital di Indonesia.

Baca Juga: Pembatasan Promo Gratis Ongkir Picu Pro-Kontra, Begini Tanggapan J&T Express

Menanggapi aturan tersebut, Lion Parcel menyatakan masih melakukan kajian mendalam terhadap implikasi kebijakan ini terhadap industri logistik dan model bisnis perusahaan.

“Kami tentu mendukung segala kebijakan pemerintah yang bertujuan menciptakan ekosistem perdagangan yang lebih sehat dan berkelanjutan,” ujar Arif Wibowo, Chief Sales Officer Lion Parcel kepada Kontan.co.id, Selasa (20/5).

Meski belum dapat memberikan tanggapan teknis lebih lanjut, Lion Parcel menegaskan komitmennya terhadap prinsip persaingan usaha yang sehat.

Perusahaan menekankan bahwa kualitas layanan harus menjadi fondasi utama dalam memenangkan pasar, bukan semata-mata strategi diskon.

“Persaingan seharusnya dibangun di atas kualitas layanan yang berfokus pada pelanggan, tanpa praktik yang merugikan pelaku usaha lain,” tegas Arif.

Baca Juga: Simak Dampak Pengaturan Waktu Gratis Ongkir ke Industri Logistik

Adaptasi Lewat Digitalisasi dan Ekspansi Layanan

Sebagai bagian dari strategi adaptasi terhadap dinamika industri, Lion Parcel terus memperkuat kapabilitas melalui pengembangan jaringan dan infrastruktur, efisiensi operasional, serta inovasi digital.

Langkah ini diambil agar layanan pengiriman tetap cepat, andal, dan kompetitif, meski tanpa bergantung pada promosi diskon ongkir.

Arif juga menyebutkan bahwa e-commerce memang menjadi segmen penting, namun peluang pertumbuhan yang menjanjikan juga datang dari saluran lain seperti ritel, social commerce, hingga B2B.

Baca Juga: Gratis Ongkir Disetir

“Kami melihat kebutuhan logistik dari pelaku usaha di platform media sosial, komunitas reseller, hingga pengusaha lokal terus meningkat. Segmen B2B juga menunjukkan potensi pertumbuhan yang kuat, terutama untuk pengiriman reguler dalam jumlah besar,” tutup Arif.

Selanjutnya: Pangsa Pasar Mini, Perbankan Syariah Kebut Ekspansi dan Inklusi Digital

Menarik Dibaca: 7 Ide Merayakan Ulang Tahun Sendirian Agar Lebih Bermakna

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Digital Marketing for Business Growth 2025 : Menguasai AI dan Automation dalam Digital Marketing

[X]
×