kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PT KAI Uji Coba Fasilitas Face Recognition, Begini Cara Kerjanya


Rabu, 05 Oktober 2022 / 06:56 WIB
PT KAI Uji Coba Fasilitas Face Recognition, Begini Cara Kerjanya
ILUSTRASI. Petugas mengarahkan calon penumpang untuk memindai wajah sebelum memasuki peron Stasiun Bandung, Jawa Barat, Senin (3/10/2022). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nantinya, di semua stasiun PT Kereta Api Indonesia (Persero), akan diterapkan fasilitas Face Recognition Boarding Gate. 

Melansir Kompas.com, fasilitas ini merupakan sarana agar penumpang bisa lebih ringkas dan tidak repot saat hendak masuk ke peron. Saat ini fasilitas tersebut telah diujicobakan di stasiun Bandung pada Rabu (28/9/2022). 

"Hadirnya Face Recognition Boarding Gate tersebut bertujuan untuk mempermudah pelanggan KA Jarak Jauh yang ingin naik kereta api, tanpa perlu repot-repot menunjukan berbagai dokumen seperti boarding pass fisik, e-boarding pass, KTP, ataupun dokumen vaksinasi," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus saat dihubungi Kompas.com, Selasa (4/10/2022). 

Joni menambahkan, fasilitas face recognation ini diharapkan sudah bisa terpasang di seluruh stasiun KA jarak jauh di berbagai daerah pada awal tahun 2023. 

Apa itu Face Recognition Boarding Gate 

Diketahui, Face Recognition Boarding Gate merupakan fasilitas layanan boarding yang dilengkapi dengan kamera. Kamera ini berfungsi untuk mengidentifikasi dan memvalidasi indentitas seseorang melalui wajah. 

Data penumpang sudah dapat diintegrasikan dengan data tiket kereta yang dimiliki hingga status vaksinasi pelanggan. KAI mengatakan, data penumpang yang telah tercatat pada sistem akan tetap diingat dan berlaku seumur hidup. 

"Untuk menikmati fasilitas terebut, pelanggan harus melakukan satu kali registrasi di awal yang berlaku untuk selamanya," ujar Joni. 

Baca Juga: KAI Sebut Penyelesaian Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sudah 86%

Cara kerja face recognation 

Cara registrasi dilakukan dengan menempelkan e-KTP pada alat e-KTP Reader kemudian menempelkan jari telunjuk kanan atau kiri pada pemindai yang ada di e-KTP reader. Jika sudah melakukan registrasi, pelanggan tidak perlu lagi melakukan cetak boarding pass. 

Pelanggan dapat langsung menuju ke Face Recognition Boarding Gate jika waktunya sudah mendekati jam keberangkatan. Arahkan wajah ke mesin pemindai dan jika data tiket, identitas, dan syarat vaksinasi sudah sesuai, maka gate akan otomatis terbuka. 

"Cukup 1 detik waktu yang dibutuhkan untuk memastikan wajah pelanggan dan proses verifikasi seluruh data yang tersimpan di sistem KAI," ujar Joni. 

"Hal tersebut akan sangat mempermudah pelanggan dan memperlancar antrean proses boarding," kata dia. 

Keamanan data terjamin 

Joni mengatakan, masyarakat juga tidak perlu khawatir terkait keamanan data pribad penumpang.  Menurut dia, KAI telah memiliki manajemen keamanan informasi yang baik dan secara rutin terus meningkatkan keamanan data yang dikelola oleh perusahaan. 

“Penerapan Face Recognition Boarding Gate diharapkan semakin mempermudah pelanggan dalam melakukan perjalanan. Karena proses boarding yang jauh lebih cepat dan praktis, akan membuat pelanggan menjadi lebih nyaman dalam menikmati seluruh proses perjalanan menggunakan kereta api,” tutup Joni. 

Baca Juga: Ada Fasilitas Pemindai Wajah, Naik Kereta Api Tak Perlu Repot Tunjukan Dokumen

Saat ini layanan registrasi telah tersedia di Hall Utara Stasiun Bandung. Registrasi dapat dilakukan di Customer Service, Vending Machine, ataupun Check in Counter yang telah dilengkapi e-KTP reader. 

Joni mengatakan, nantinya akan dikembangkan registrasi online melalui aplikasi KAI Access. 

"Bagi pelanggan yang tidak dapat melakukan registrasi karena tidak memiliki e-KTP atau e-KTP nya dalam keadaan rusak, tidak perlu khawatir karena KAI masih menyediakan layanan boarding manual di Stasiun Bandung," imbuhnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PT KAI Uji Face Recognation, Naik Kereta Cukup Pindai Wajah, Apa Itu?"
Penulis : Retia Kartika Dewi
Editor : Rizal Setyo Nugroho

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×