kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PTPN Bawa 9 Karya Inovasi Terbaik ke Planters Innovation Summit Tahap III


Rabu, 12 Oktober 2022 / 22:27 WIB
PTPN Bawa 9 Karya Inovasi Terbaik ke Planters Innovation Summit Tahap III
ILUSTRASI. Indonesia melalui PT Perkebunan Nusantara III Holding berhasil membukukan transaksi penjualan teh senilai USD 4 juta atau Rp 57 miliar


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Planters Innovation Summit (PIS) 2022 yang digelar Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) telah masuk tahap ketiga.

Pada tahap ini terdapat sembilan peserta yang merupakan pemilik karya inovasi terbaik dalam tiga kategori. Mereka telah mengikuti bootcamp atau pendalaman ide yang dilaksanakan pada periode  7-9 Oktober 2022.

Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PTPN III Seger Budiarjo menyampaikan bahwa bootcamp atau pendalaman terhadap ide para inovator merupakan salah satu satu tahapan penting dalam kompetisi ini.

Sehingga karya inovasinya semakin sempurna sebelum diimplementasikan dan dipresentasikan kepada Board of Director (BOD) Holding Perkebunan Nusantara.

Baca Juga: PTPN III Kerja Sama dengan IPB Bangun Unit Pengolahan Kelapa Sawit Mini

“Sembilan peserta yang sudah lolos ke tahap ketiga, masing-masing memiliki ide inovasi yang bagus. Sebagaimana hasil seleksi PIS tahun sebelumnya, dengan sedikit penyempurnaan, karya-karya inovator muda PTPN Group tahun ini, juga bisa diimplementasikan untuk mendukung kinerja perusahaan,” kata  Seger dalam keterangan resminya, Rabu (12/10).

Ia berharap hasil seleksi PIS 2022 ini akan menghasilkan karya-karya baru yang bisa menambah daftar inovasi bagi perusahaan.

Pada tahap III, ada tiga inovasi dari masing-masing kategori yang lolos. Pada kategori business strategy, ada  Mill Monitoring for eXcellent PTPN4 (MIXN4), Nusalima Palm Oil Protector (Nusapro) dan Optimalisasi  Kapasitas  Pabrik  RSS  Unit Way Berulu Melalui Modifikasi Proses Olah.

Di kategori social innovations terdapat tiga inovasi terbaik yakni  One  Hand  System  MITRA  TANI  PTPN XI  untuk  Peningkatan  Pelayanan  Petani PG PRAJEKAN, Lumbribox - Kolaborasi  Ekonomi Masyarakat Mandiri, dan Deteksi Dini Kebakaran Hutan dan Lahan.

Sedangkan pada kategori technology breakthrough ada inovasi bertajuk Digital Farming Karet untuk PTPN, Aplikasi Pupuk Nusantara (APN) dan  Super Apps Oss Planters untuk Mendukung On Farm dan Off Farm.

Selama proses kurasi dan pendalaman, sembilan finalis ini  akan mengikuti program insentif dan mendalam, dengan materi yang sudah dirancang khusus agar para finalis mendapatkan pembekalan yang lengkap sebelum mereka melakukan presentasi langsung didepan para Board Of Directors Holding Perkebunan.

Baca Juga: Tingkatkan Produksi Susu, PTPN III Gandeng FrieslandCampina

Kompetisi Planters Innovation Summit merupakan inisiasi dari BUMN Muda Perkebunan, sebuah wadah generasi muda PTPN III untuk menyatukan gagasan, pengembangan potensi, dan mensukseskan program Kementerian BUMN.

“Diharapkan, dengan adanya kompetisi inovasi seperti ini dapat menumbuhkan budaya inovasi di lingkungan kerja PTPN Group dan ke depannya dapat berdampak positif untuk kinerja perusahaan yang lebih hebat lagi,” ujar Ketua BUMN Muda Perkebunan, Benny Wijaya.

Benny mengatakan, inovasi, terutama bagi perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan merupakan hal yang penting mengingat tantangan ekonomi global akan secara langsung berdampak untuk kinerja korporasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×