kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Puluhan karyawan Freeport dikabarkan positif corona, protokol keselamatan diperketat


Minggu, 03 Mei 2020 / 23:56 WIB
Puluhan karyawan Freeport dikabarkan positif corona, protokol keselamatan diperketat
ILUSTRASI. Pertambangan emas dan tembaga PT Freeport Indonesia - Tambang Grasberg di Tembagapura, Mimika, Papua. KONTAN/Lamgiat Siringoringo/18/08/2018


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyebaran virus corona (Covid-19) dikabarkan telah sampai ke wilayah operasional tambang emas dan tembaga PT Freeport Indonesia (PTFI).

Sejumlah pemberitaan mengabarkan, 51 orang di kawasan penambangan PTFI di Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua positif terpapar covid-19.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 41 orang melakukan isolasi mandiri dan sisanya dirawat di RS Tembagapura. Informasi tersebut merupakan laporan dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Mimika, Sabtu (2/5).

Namun, saat dimintai konfirmasi, pihak manajemen PTFI belum bersedia membeberkan detail penyebaran covid-19 di wilayah pertambangan emas-tembaga itu. Termasuk mengenai perbaruan informasi dari 51 orang yang dikabarkan positif covid-19 tersebut.

Baca Juga: Proyek Smelter Amman dan Freeport Terhambat Wabah Corona

Menurut Vice President Corporate Communication PTFI Riza Pratama, penanganan covid-19 telah dikoordinasikan dengan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 setempat. "Silakan tanyakan ke Gugus Tugas Kabupaten Mimika," kata Riza saat dihubungi Kontan.co.id, Minggu (3/5).

Yang jelas, sambung Riza, PTFI terus memperkuat koordinasi dengan Tim Gugus Tugas dalam perlindungan karyawan dari risiko penyebaran Corona di seluruh area kerja dan lingkungan sekitar perusahaan.

Upaya tersebut antara lain dengan memaksimalkan physical distancing, menyiapkan fasilitas medis di Tembagapura dan Timika yang merupakan area kerja utama PTFI, dan larangan masuk dan pembatasan perjalanan ke luar negeri.

PTFI pun telah menutup akses memasuki Tembagapura yang telah diterapkan sejak 26 Maret 2020. Namun, seluruh kegiatan operasional pengangkutan logistik tetap dilakukan guna memenuhi kebutuhan bahan pokok.

Riza menyebut, PTFI juga menggelar rapid test dan mempersiapkan prosedur penanganan serta akomodasi pengamatan kesehatan.

"Bekerjasama dengan Tim Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Mimika, sejak awal Maret 2020 PTFI telah menerapkan berbagai upaya mitigasi yang dapat melipatgandakan protokol kesehatan di area kerja," sebut Riza sebagaimana yang termuat dalam media update PTFI pada Sabtu (2/5).




TERBARU

[X]
×