kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45950,72   -8,49   -0.89%
  • EMAS938.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.12%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Punya prospek positif, Harum Energy (HRUM) terus jajaki peluang bisnis nikel


Minggu, 21 Februari 2021 / 15:15 WIB
Punya prospek positif, Harum Energy (HRUM) terus jajaki peluang bisnis nikel
ILUSTRASI. PT Harum Energy Tbk (HRUM)

Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam rangka diversifikasi usaha, PT Harum Energy Tbk (HRUM) akan terus mengembangkan bisnisnya di sektor komoditas nikel demi memperkuat kinerja di masa mendatang.

Sekadar informasi, pada 1 Februari lalu HRUM melalui anak usahanya PT Tanito Harum Nickel mengumumkan transaksi akuisisi 24.287 saham PT Position milik Aquila Nickel Pte Ltd. Jumlah transaksi ini setara dengan 51% dari modal yang ditempatkan dalam PT Position. Adapun nilai transaksi jual beli saham ini mencapai US$ 80,32 juta.

PT Position sendiri merupakan perusahaan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum di Indonesia dan memiliki Izin Usaha Pertambangan (IUP) untuk komoditas nikel.

Direktur Utama Harum Energy Ray Antonio Gunara memastikan, dana yang digunakan untuk mengakuisisi perusahaan tersebut seluruhnya berasal dari internal HRUM.

“Kami percaya akuisisi tersebut dapat memberikan kontribusi positif terhadap kinerja HRUM di masa mendatang,” kata dia, Jumat (19/2).

Sebelum akuisisi PT Position dilakukan, HRUM sudah pernah menjajaki bisnis nikel melalui pembelian 3,72% saham PT Nickel Mines Ltd senilai AU$ 34,26 juta pada kuartal II-2020 lalu. HRUM pun beberapa kali melakukan penambahan kepemilikan saham di perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Australia tersebut.

Baca Juga: Harum Energy (HRUM) targetkan produksi batubara naik 25% pada 2021

Terakhir, pada Desember 2020 silam HRUM membeli 39 juta lembar saham Nickel Mines Ltd dengan harga AU$ 36,74 juta. Alhasil, per 15 Desember 2020, total kepemilikan saham HRUM di Nickel Mines Ltd meningkat jadi 4,88%.

Sayangnya, Ray belum bisa membeberkan secara gamblang rencana pengembangan bisnis HRUM di sektor tambang nikel usai mengakuisisi perusahaan-perusahaan di sektor tersebut. Namun, ia percaya bahwa komoditas nikel memiliki prospek yang positif secara jangka panjang.

Hal ini ditopang dengan tingkat konsumsi komoditas tersebut untuk memenuhi kebutuhan sejumlah industri yang diproyeksikan akan terus tumbuh di masa depan. Lantas, tidak menutup kemungkinan HRUM akan meningkatkan investasinya di sektor tambang nikel.

“Kami terus menjajaki kesempatan investasi potensial dengan mempertimbangkan prospek usaha jangka panjang dan ketersediaan dana perusahaan,” ungkap Ray.

Diversifikasi bisnis HRUM sebenarnya sudah membuahkan hasil bagi kinerja perusahaan tersebut. Dalam catatan Kontan. HRUM mampu memperoleh keuntungan berupa apresiasi harga saham Nickel Mines Ltd sebanyak US$ 12 juta per kuartal III-2020.

 

Selanjutnya: Harum Energy (HRUM) Mengakuisisi Tambang Nikel Senilai US$ 80,32 Juta

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Basic Social Media Marketing Strategy (Facebook & Instagram) Batch 9 Capital Investment Model & Presentation

[X]
×