kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,20   -15,29   -1.66%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Punya Sumber Daya Melimpah, Industri Pulp dan Kertas Berpotensi Menjanjikan


Jumat, 25 November 2022 / 11:07 WIB
Punya Sumber Daya Melimpah, Industri Pulp dan Kertas Berpotensi Menjanjikan
ILUSTRASI. Industri pulp and paper


Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perindustrian terus mengembangkan industri pulp dan kertas agar lebih produktif dan inovatif, sehingga bisa berdaya saing di kancah domestik maupun global. Dengan adanya ketersediaan bahan baku di dalam negeri, maka industri pulp dan kertas memiliki potensi bisnis yang besar untuk berkontribusi signifikan bagi perekonomian nasional.

Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika menyampaikan, saat ini kapasitas terpasang industri pulp nasional sebesar 12,13 juta ton per tahun, sehingga menempatkan Indonesia di peringkat kedelapan dunia.

"Sedangkan, industri kertas dengan kapasitas terpasang sebesar 18,26 juta ton per tahun dan memposisikan Indonesia di peringkat keenam dunia,” kata dia dalam siaran pers di situs Kemenperin, Jumat (25/11).

Saat ini terdapat 111 perusahaan industri pulp dan kertas di dalam negeri. Sektor ini menyerap tenaga kerja langsung lebih dari 161.000 orang dan tenaga kerja tidak langsung sebanyak 1,2 juta orang.

Selama 2021, kinerja ekspor industri pulp dan kertas mencatatkan nilai sebesar US$ 7,5 miliar atau berkontribusi 6,22% terhadap ekspor nonmigas yang juga setara menyumbang 3,84% terhadap PDB industri pengolahan nonmigas.

Baca Juga: Kemenperin Sederhanakan Penghitungan TKDN bagi Industri Kecil

Putu menyebutkan, bisnis di industri pulp dan kertas saat ini masih prospektif karena permintaannya masih cukup tinggi. Namun, sektor ini perlu meningkatkan diversifikasi produknya yang punya nilai tambah tinggi, misalnya mengolah dissolving pulp menjadi viscose rayon sebagai bahan baku industri tekstil dan produk tekstil.

“Industri kertas merupakan sektor yang sangat potensial karena hampir semua jenis kertas sudah dapat diproduksi di dalam negeri, termasuk kertas uang dan kertas berharga yang memiliki spesifikasi khusus dalam memenuhi aspek keamanan,” paparnya.

Peluang investasi di sektor industri pulp dan kertas serta turunannya juga cukup besar, misalnya yang telah dilakukan oleh PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP). Pada Rabu (23/11) lalu, Dirjen Industri Agro dan jajaran melakukan kunjungan kerja di PT RAPP, Pangkalan Kerinci, Riau.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Kemenperin memberikan apresiasi kepada PT RAPP yang telah berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah. Aktivitas usahanya telah memberikan bukti nyata memberikan efek berganda yang luas bagi kesejahteraan masyarakat dan wilayah sekitarnya dan dikelola secara berkelanjutan dengan menerapkan teknologi modern.

Putu optimistis, investasi baru di PT RAPP dapat menjawab tantangan di tengah kondisi ekonomi global yang lesu, bahwa sektor manufaktur di Indonesia masih bergeliat.

“Penambahan kapasitas produksi yang dilakukan diharapkan mampu meningkatkan penyerapan tenaga kerja, berkontribusi pada pemenuhan pasar domestik dan ekspor, serta mengurangi ketergantungan produk impor,” jelas dia.

Presiden Direktur PT RAPP Sihol Parulian Aritonang mengemukakan, pada tahun 2021 sampai 2023, ada penambahan investasi senilai Rp 33,4 triliun yang digunakan untuk pembangunan pabrik green packaging (paperboard) dengan kapasitas produksi mencapai 1,2 juta ton per tahun beserta industri penunjang lainnya.

Baca Juga: Kemenperin: Pendidikan & Pelatihan Vokasi Penting dalam Pengembangan SDM Berkualitas

PT RAPP merupakan produsen bubur kertas Bleach Hardwood Kraft (BHK) dan dissolving pulp yang terintegrasi dengan industri hilirnya menggunakan 85% energi dari biomassa untuk mendukung proses operasional pabrik.

Produk pulp PT RAPP tersebut kemudian diproses lebih lanjut di pabrik kertasnya dalam bentuk kertas folio dan roll. Merek kertas unggulannya adalah PaperOne yang terbuat dari 100% kayu dari Hutan Tanaman Industri yang terbarukan.

PT RAPP juga memiliki persemaian modern untuk menghasilkan 200 juta bibit per tahun dan sekitar 150 juta pohon ditanam setiap tahun.

Sementara itu, Direktur Industri Hasil Hutan dan Perkebunan Kemenperin Merrijantij Punguan Pintaria menyatakan, dalam rangka menjaga keberlangsungan proses produksi dan pengembangan daya saing industri pulp dan kertas, pemerintah berkomitmen untuk terus memberikan jaminan kemudahan dalam mendapatkan bahan baku atau bahan penolong bagi industri.

“Misalnya, kami menjaga ketersediaan garam industri yang sesuai standar, karena menjadi salah satu kebutuhan utama dalam proses produksi di industri pulp dan kertas, khususnya pada unit Chlor Alkali Plant,” tuturnya.

Selain itu, langkah strategis yang telah pemerintah jalankan antara lain menciptakan iklim usaha yang kondusif, memberikan kepastian hukum, memacu transformasi digital, serta memfasilitasi insentif fiskal dan nonfiskal. Berikutnya juga ada upaya peningkatan kompetensi SDM dan mendorong industri yang lebih ramah lingkungan atau efisiensi terhadap penggunaan sumber daya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×