kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45806,19   -5,40   -0.67%
  • EMAS1.055.000 -0,94%
  • RD.SAHAM -0.34%
  • RD.CAMPURAN -0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

PUPR gelar pra-kualifikasi lelang 4 proyek jalan tol kuartal III, ini daftarnya


Senin, 06 Juli 2020 / 23:50 WIB
PUPR gelar pra-kualifikasi lelang 4 proyek jalan tol kuartal III, ini daftarnya
ILUSTRASI. Target Pembangunan JAlan Tol JORR 2: Pembangunan jalan tol Cinere-Serpong di PAmulang, TAngerang Selatan, Jumat (13/3). Ruas Cinere-Serpong merupakan bagian dari Jalan Tol JORR 2 yang ditargetkan beroperasi pada lebaran tahun ini. KONTAN/BAihaki/13/3/2020

Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan menggelar pra-kualifikasi lelang untuk empat proyek jalan tol pada kuartal III-2020. Keempat proyek tersebut adalah Jalan Tol Semanan-Balaraja, Tol Sentul Selatan-Karawang Barat, Tol Akses Patimban, dan Tol Semarang Harbour.

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR Eko Djoeli Heripoerwanto memastikan hal ini kepada Kompas.com, Senin (6/7/2020). "Semanan-Balaraja, Sentul Selatan-Karawang Barat, Akses Patimban, Semarang Harbour akan pra-kualifikasi pada triwulan ini (Juli-September)," ucap Eko.

Sebelumnya, keempat proyek dengan skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) tersebut sudah ditawarkan oleh Kementerian PUPR kepada investor dalam penjajakan minat pasar atau market sounding pada bulan April lalu.

Baca Juga: Resmi dibuka, jalan tol Depok-Antasari seksi II gratis selama dua minggu

Rincian keempat proyek tol tersebut adalah, pertama Jalan Tol Semanan-Balaraja dirancang dengan estimasi nilai investasi Rp 15,53 triliun.

Proyek ini diprakarsai oleh PT Alam Sutera Realty Tbk dan PT Perentjana Djaja. Jalan bebas hambatan ini rencananya akan dibangun sepanjang 32,39 kilometer dengan enam buah simpang susun.

Pengadaan lahannya dilaksanakan pada tahun 2020. Sementara konstruksi proyek ini akan dilakukan pada 2022. Dengan demikian, Tol Semanan-Balaraja diharapkan dapat beroperasi pada tahun 2024.

Kedua, Jalan Tol Sentul Selatan-Karawang Barat dirancang sepanjang 61,5 kilometer, dengan biaya investasi Rp 15,38 triliun dan merupakan prakarsa dari PT Pamapersada Nusantara.

Konstruksi jalan tol ini diharapkan bisa dilaksanakan pada tahun 2021. Dengan demikian, pada tahun 2023, jalan ini bisa beroperasi.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×