kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pupuk Kaltim Raih Sertifikasi Produsen Pupuk Ramah Lingkungan


Selasa, 14 Februari 2023 / 20:23 WIB
Pupuk Kaltim Raih Sertifikasi Produsen Pupuk Ramah Lingkungan
ILUSTRASI. Direktur Utama PT Pupuk Kalimantan Timur Rahmad Pribadi, menandatangani karung produksi akhir tahun 2022,


Reporter: Vina Elvira | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) atau Pupuk Kaltim mendapatkan sertifikasi sebagai produsen pupuk ramah lingkungan oleh Departemen Pertanian Australia.

Direktur Utama Rahmad Pribadi mengungkapkan, Pupuk Kaltim berhasil mendapatkan sertifikasi pupuknya bebas dari ketidakmurnian lain selain urea dan termasuk dalam kategori fasilitas Status Sistem Level Satu untuk pupuk curah.

"Sertifikasi ini merupakan bukti komitmen PKT dalam menghasilkan produk pupuk ramah lingkungan berkualitas dan jaminan penjagaan kualitas produk serta penerapan standar tinggi Environmental, Social, and Governance (ESG)," ungkap Rahmad, dalam keterangan resminya, Selasa (14/2).

Lebih jauh dia menjelaskan, sertifikasi Status Sistem Level Satu merupakan pengakuan yang diberikan oleh Departemen Pertanian Australia kepada produsen pupuk yang atas proses penjaminan mutu produk, standar dan kualifikasi keamanan khususnya untuk pupuk yang dikirim menggunakan bulk-in ship (kapal curah) ke Australia.

Baca Juga: Pupuk Kaltim Raih Peringkat Ketiga ESG Risk Rating Sub Industri Agrokimia

Dengan raihan sertifikasi ini, perusahaan menjamin pengiriman pupuk dengan risiko biosekuriti rendah sesuai kebijakan Australia mengenai toleransi nol pada kontaminasi pupuk sejak 1995.

Adapun, pencapaian ini akan terus dipertahankan hingga 15 Agustus 2025 dengan syarat hasil audit tahunan dari pihak ketiga yang memadai.

"Capaian ini memberikan kebanggaan tersendiri karena terbukti bahwa produk hasil karya anak bangsa sudah mendapatkan pengakuan dan juga bisa bersaing di pasar global,” imbuhnya.

Dalam proses mendapatkan sertifikasi sebagai Status Sistem Level Satu, auditor pihak ketiga yang telah terakreditasi secara independen dan terdaftar di Badan Audit Internasional melakukan penilaian terhadap kepatuhan prosedur, operasi dan infrastruktur berkelanjutan PKT dengan ketetapan Departemen Pertanian Australia.

Berdasarkan hasil audit tersebut, PKT berhasil menunjukan komitmennya dalam memastikan integritas biosekuriti produk di seluruh rantai pasokan, mulai dari proses produksi hingga pemuatan kapal dan pengirimannya sehingga proses ekspor ke Australia dapat berjalan lebih efektif.

Baca Juga: Ini Strategi Pupuk Kaltim Mendorong Pertumbuhan Berkelanjutan

“Selain optimisme kami atas potensi ekspor pupuk ramah lingkungan di Asia Pasifik dan kontribusinya terhadap devisa negara, kami berkomitmen untuk tetap menjamin pasokan dalam negeri agar terpenuhi baik untuk sektor subsidi maupun non subsidi guna mendukung ketahanan pangan di Indonesia," tutup Rahmad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×