Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Rizki Caturini
JAKARTA. Banyak peritel yang mulai mengembangkan bisnis lewat penjualan e-commerce. Tapi itu tak membuat PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) latah. Alih-alih mengikuti strategi yang sama, perusahaan ini justru menguatkan gerai ritelnya dengan melakukan serangkaian strategi transformasi.
Suryanto, Direktur RALS mengatakan bahwa sejauh ini Ramayana masih mencatatkan pertumbuhan positif. Kendati harus merevisi target pertumbuhan pendapatan tahun ini dari 8% menjadi 0,5%, namun perusahaan ini masih melihat peluang bertumbuh. Khususnya di segmen fesyen yang terus mencatatkan kinerja baik.
Ramayana memilih untuk bekerja sama dengan platform e-commerce untuk menjajakan produknya melalui platform tersebut. Hal ini jauh lebih efisien ketimbang membuat platform sendiri.
"Kami tidak mau investasi terlalu besar, karena online itu investasinya besar," ujarnya di Jakarta, Rabu (9/8).
Dirinya juga yakin segmen RALS saat ini tidak akan banyak terpengaruh oleh online. Pasalnya, untuk segmen menengah ke bawah tidak terlalu mengandalkan teknologi dalam berbelanja. Kebutuhan untuk melihat langsung, mengecek langsung dan sensasi berbelanja secara langsung masih besar.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News