kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ramadan dan Idul Fitri, Telkom (TLKM) Proyeksikan Kenaikan Trafik Hingga 30%


Sabtu, 25 Maret 2023 / 05:05 WIB
Ramadan dan Idul Fitri, Telkom (TLKM) Proyeksikan Kenaikan Trafik Hingga 30%


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Trafik telekomunikasi biasanya naik saat Ramadan dan Idul Fitri. PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) pun memproyeksikan ada peningkatan trafik hingga 30% dibandingkan tahun lalu selama periode Ramadan dan Idul Fitri 2023.

VP Corporate Communication Telkom Indonesia, Andri Herawan Sasoko menuturkan dalam tiga tahun terakhir, trafik telekomunikasi TLKM menunjukkan tren peningkatan.

"Diperkirakan pada momen lebaran tahun ini, trafik telekomunikasi  diproyeksikan sekitar 30% dari tahun sebelumnya," jelas Andri saat dihubungi Kontan baru-baru ini.

Dia menjelaskan untuk lebaran tahun ini, TelkomGroup menyiapkan ketahanan infrastruktur, perangkat dan link komunikasi juga selalu dimonitor secara reguler melalui program optimasi jaringan (rehearsal test).

Baca Juga: Omnibus Law ala Kementerian BUMN: 45 Peraturan Akan Disederhanakan Jadi 3 Saja

Selain itu, TelkomGroup juga melakukan penambahan kapasitas hingga melakukan rekayasa trafik pada link-link maupun area kritikal jalur mudik lebaran nanti.

Entitas usaha emiten pelat merah ini, PT Telekomunikasi Selular alias Telkomsel turut memproyeksikan trafik layanan data atau broadband, diperkirakan melonjak hingga 11,2 %dibandingkan hari biasa.

"Telkomsel sendiri juga memproyeksikan akan ada pergerakan yang cukup signifikan terhadap trafik komunikasi pelanggan selama Ramadan dan Idul Fitri 2023," jelas Hendri Mulya Syam, Direktur Utama Telkomsel.

Rinciannya, akses layanan media sosial berpotensi melonjak hingga 6,2% , layanan komunikasi naik 20%, layanan streaming video tumbuh 15,6% dan layanan mobile gaming naik 32,4% dan akses browsing meningkat 2,4%.

Kemudian akses layanan e-commerce berpotensi naik 7%. Lalu, trafik layanan panggilan suara atawa voice call diproyeksikan akan mengalami penurunan sebesar 8,5% serta layanan pesan singkat (SMS) tumbuh sekitar 7,1%.

Hendri menambahkan, untuk mengantisipasi pergerakan trafik, Telkomsel akan fokus pada 490 Point of Interest di seluruh Indonesia. Telkomsel juga telah melakukan uji jaringan di jalur mudik dengan jarak tempuh sepanjang 17.895 kilometer.

Baca Juga: Emiten Penghuni IDX High Dividen 20 Stabil, Cek Saham Rekomendasi Analis

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×