Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dyandra Promosindo telah sukses menyelenggarakan salah satu perhelatan ajang otomotif terbesar di Indonesia yakni Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 dari 31 Maret - 10 April 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.
Sebagaimana diketahui pada hari ke- 11 penyelenggaraan IIMS Hybrid 2022, telah diumumkan perolehan data sementara transaksi yaitu 6.850 unit dengan nilai transaksi Rp 2,8 trilliun. Data tersebut berdasarkan laporan brand yang sudah masuk ke penyelenggara, sementara di sisi lain beberapa brand masih dalam tahap konsolidasi data.
Sebagai informasi, Dyandra Promosindo merupakan Professional Event Organizer bagian dari perusahaan terbuka (Tbk), serta unit usaha Kompas Gramedia yang menjunjung tinggi integritas dan kredibilitas dalam tiap laporan terkait data transaksi, sehingga hanya laporan resmi dari setiap brand yang akan disampaikan kepada publik.
Transaksi lengkap ini terdiri dari sederet brand roda empat seperti BMW, Chery, DFSK, Honda, Hyundai, Jeep, Mazda, MG, Mitsubishi, serta Prestige yang menampilkan unit Tesla terbaru, Toyota, Suzuki, serta Wuling.
Kemudian terdapat brand roda dua yakni Benelli & Keeway, Energica, Gesits, Honda, Italjet, Kawasaki, KTM & Husqvarna, NIU, Royal Alloy, Royal Enfield, Volta, dan Yamaha serta Perhimpunan Pengusaha Aksesoris Mobil Indonesia (PAHAMI) dan puluhan brand aftermarket.
Baca Juga: Hyundai Raih Lebih Dari 1.500 Pemesanan Selama Ajang IIMS 2022
Berdasarkan data yang terlapor, nilai faktual transaksi pada IIMS Hybrid 2022 mencapai Rp 3.435.634.425.990 dengan total penjualan 9.634 unit.
Hasil penjualan unit pada IIMS Hybrid 2022 meningkat sebesar 108,35% dari penjualan pada tahun 2021. Hal ini selaras dengan nilai transaksi yang didapatkan juga meningkat tajam sebesar 70,08% dibanding tahun 2021.
Hasil ini memberikan sinyal positif terhadap kebangkitan industri otomotif Indonesia sejalan dengan misi IIMS Hybrid 2022 yaitu “Together We Raise The Indonesia Automotive Industry”.
Pencapaian transaksi tersebut membuktikan bahwa industri otomotif Indonesia merupakan sektor yang sangat menjanjikan, terutama dengan perkembangan kendaraan listrik yang semakin menunjukkan taringnya.
Terlihat dari salah satu brand yang gahar dengan kendaraan listriknya yaitu Hyundai yang berhasil mencatat transaksi mencapai Rp 1 triliun. Selain itu, gelaran IIMS Hybrid 2022 turut memberikan angin segar bagi UMKM lokal serta food & beverage dengan hadirnya beragam fasilitas bagi local tenant serta food court dan food truck.
IIMS Hybrid 2022 menjadi ajang silaturahmi bagi seluruh ekosistem otomotif tanah air. Mulai dari asosiasi serta komunitas dari segala lapisan hadir untuk meramaikan perhelatan ini.
Antusiasme pecinta otomotif pada IIMS Hybrid 2022 terlihat dari jumlah pengunjung offline yang mencapai 378.227 orang. Sedangkan melalui virtual atau online IIMS Hybrid 2022, terhitung total 710.788 halaman dilihat pada website www.indonesianmotorshow.com.
Baca Juga: Selama 11 Hari, IIMS 2022 Catat Transaksi Rp 2,8 Triliun
Presiden Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh berterima kasih kepada seluruh ekosistem yang terlibat dalam kesuksesan penyelenggaraan IIMS Hybrid 2022 ini, khususnya kepada pemerintah Republik Indonesia.
“Kami mengucapkan terima kasih kepada Presiden Republik Indonesia yang diwakili oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Bambang Soesatyo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia Moeldoko, Wakil Menteri Pertahanan Republik Indonesia Herindra, Wakil Menteri Agama Republik Indonesia Zainut Tauhid Sa'adi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, serta dukungan dari seluruh jajaran pemerintah baik dari pusat hingga daerah,” ungkap dia dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Senin (18/4).
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News