kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45837,22   -1,32   -0.16%
  • EMAS948.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.25%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Relaksasi PPnBM 100% diperpanjang hingga Agustus, begini kata Toyota Astra Motor


Minggu, 13 Juni 2021 / 17:50 WIB
Relaksasi PPnBM 100% diperpanjang hingga Agustus, begini kata Toyota Astra Motor
ILUSTRASI. Petugas membersihkan kendaraan yang dipamerkan di booth Toyota pada pameran otomotif IIMS Hybrid 2021 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (16/4/2021).

Reporter: Vina Elvira | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengumumkan perpanjangan program relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 100% untuk mobil dengan kapasitas 1.500 cc. Relaksasi PPnBM 100% yang berlaku hingga Mei 2021 diperpanjang hingga Agustus 2021 mendatang. 

Perpanjangan pemberian insentif PPnBM diusulkan oleh Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita dan telah disetujui Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam rapat Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto Jumat lalu. "Ini bertujuan membangkitkan kembali gairah usaha di tanah air, khususnya sektor industri, yang selama ini konsisten berkontribusi signifikan bagi perekonomian nasional,” ungkap Agus dalam siaran pers, Minggu (13/6). 

Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy Suwandi merespon positif adanya kabar tersebut. Dia menilai, kebijakan yang diambil merupakan salah satu bentuk dukungan pemerintah untuk terus menggairahkan industri otomotif dalam negeri. 

Dia menambahkan, seiring dengan perpanjangan relaksasi PPnBM 100% TAM tentu akan turut serta menyesuaikan kebijakan internal perusahaan dengan aturan pemerintah. "Soal harga pastinya ya," terang Anton saat dihubungi Kontan.co.id, Minggu (13/6). 

Baca Juga: Pemerintah memperpanjang diskon PPnBM otomotif 100% sampai Agustus 2021

TAM belum bisa bicara banyak menyoal proyeksi penjualan pasca perpanjangan diskon PPnBM pada sektor otomotif hingga Agustus mendatang. Namun, Anton berharap dengan adanya kebijakan tersebut, dapat terus meningkatkan permintaan masyarakat akan produk otomotif TAM. "Masih harus dipelajari. Ini juga informasinya baru saja kami terima," tutup Anton.

Adapun, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota berhasil mencatatkan peningkatan wholesales sebesar 26,6% pada periode Januari-Mei 2021 menjadi sebanyak 98.906 unit. Torehan tersebut meningkat 20.795 unit dibandingkan wholesales pada periode yang sama di tahun lalu 78.111 unit.

Baca Juga: Insentif PPnBM mobil diperpanjang sampai Agustus 2021, ini kata Honda Prospect Motor

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
MiniMBA on Problem Solving using world class consultants approach Sukses Memimpin: Kunci Kepemimpinan Asertif Batch 2

[X]
×