kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45995,22   -1,54   -0.15%
  • EMAS977.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Respons Kementerian ESDM Pasca Jepang dan Korsel Desak Buka Keran Ekspor Batubara


Rabu, 12 Januari 2022 / 11:09 WIB
Respons Kementerian ESDM Pasca Jepang dan Korsel Desak Buka Keran Ekspor Batubara
ILUSTRASI. Kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Barito, Barito Kuala, Kalimantan Selatan, Rabu (1/9/2021). Respons Kementerian ESDM Pasca Jepang dan Korsel Desak Buka Keran Ekspor Batubara


Reporter: Dimas Andi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan sudah ada komunikasi dengan negara tujuan ekspor batubara Indonesia.

Sebelumnya, Jepang dan Korea Selatan sudah buka suara meminta agar pemerintah kembali membuka ekspor batubara.

Asal tahu saja, pemerintah sejak 1 Januari 2022 melarang ekspor batubara demi mengamankan pasokan untuk pembangkit PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin mengungkapkan, sejumlah perusahaan yang berkontrak dengan kedua negara masuk dalam daftar yang belum memenuhi komitmen Domestic Market Obligation (DMO).

Baca Juga: Tiga Negara Protes, Pemerintah Resmi Buka Lagi Ekspor Batubara

"Saya sudah sampaikan ke Jepang dan Korea Selatan. Pesan saya ke mereka, berbisnislah dengan perusahaan yang bagus, jangan (dengan) yang ngak patuh," ujar Ridwan dalam Diskusi Economic Challenges, Selasa (11/1).

Ridwan menjelaskan, dari 99 perusahaan yang berkontrak ekspor dengan Korea Selatan, hanya 19 perusahaan yang memenuhi DMO. Sementara itu, dari 37 perusahaan yang memiliki kontrak ekspor ke Jepang, hanya 8 perusahaan yang memenuhi komitmen DMO.

Ridwan pun memastikan, di saat bersamaan pihaknya terus berupaya mendorong perbaikan skema pasokan batubara oleh PLN. Untuk itu, PLN diharapkan dapat menjalin kerjasama dengan perusahaan transportasi atau angkut batubara.

"Selain barangnya ada, transportasinya juga ada termasuk infrastruktur penerimaan," pungkas Ridwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×