kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rosatom mulai bangun PLTN berkapasitas 4.800 MW di Turki


Kamis, 05 April 2018 / 19:08 WIB
Rosatom mulai bangun PLTN berkapasitas 4.800 MW di Turki
Pembangunan PLTN Akkuyu di Turki


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rosatom, BUMN nuklir asal Rusia telah memulai pengerjaan konstruksi Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Akkuyu di Provinsi Mersin, Turki yang ditandai dengan groundbreaking pada Selasa (3/4). 

Groundbreaking ini disaksikan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melalui konferensi video. Putin menyampaikan PLTN Akkuyu ini ditargetkan beroperasi pada 2023 mendatang.

Alexey Likhachev, Direktur Utama Rosatom menjelaskan, Rosatom membangun PLTN di Turki terlebih dulu mencoba dan menguji teknologi Generasi III+ yang menampilkan empat unit daya berdasarkan rancangan VVER-1200 Rusia yang memenuhi standar keamanan tertinggi di dunia.

Model yang akan dibangun di Akkuyu ini sudah dibangun dalam satu seri. Unit 6 dari PLTN Novovoronezh dan unit 1 dari PLTN-2 Leningrad dibuat berdasarkan desain yang sama, dan saat ini telah berdiri dan berjalan. PLTN Novovoronezh dibuat dalam operasi komersial, sementara PLTN-2 Leningrad baru saja diluncurkan pada bulan Februari lalu. "Operasi yang aman dan efisien dari unit-unit ini menggarisbawahi keandalan teknologi kami,” ujar Likhachev dalam keterangan resminya Kamis (5/4).

Putin mengapresiasi proyek tersebut, sebab berkat proyek Akkuyu, pekerjaan baru, modern, dan berpenghasilan tinggi akan muncul di Rusia dan Turki, seiring dengan perkembangan produksi dan teknologi. Objek akan menggunakan solusi teknik canggih dan teknologi yang hemat biaya dan andal.

"Standar keamanan tertinggi dan peraturan lingkungan paling ketat juga akan diterapkan. Saya yakin bahwa pada tahun 2023, seluruh Turki akan merasakan energi yang dihasilkan dari fasilitas berteknologi tinggi ini,” ujar Putin dalam siaran pers, Kamis (5/4).

Sementara itu, Presiden Erdogan menjelaskan bahwa peluncuran PLTN di tahun 2023 merupakan momen yang sangat penting bagi Turki karena tahun itu, Turki akan merayakan 100 tahun kelahiran Republik Turki.

“Dengan berdirinya pembangkit listrik tenaga nuklir Akkuyu pada tahun 2023, Turki akan bergabung dalam kelompok negara-negara pengguna tenaga nuklir. Akkuyu akan memenuhi 10% dari semua kebutuhan listrik kami,” tambah Erdogan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Berita Terkait



TERBARU

[X]
×